Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Grace Natalie mengklaim cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, merupakan satu-satunya kandidat yang punya pengalaman eksekutif. Grace optimistis Gibran bakal tampil mengejutkan dalam debat kedua atau debat cawapres besok.

Grace mulanya mengungkap persiapan debat kandidat yang akan dijalani Gibran. Menurutnya, ayah Jan Ethes itu hanya membutuhkan ketenangan saja.

"Kalau terlalu noise kan akhirnya mau sesiap apapun jadinya bisa mempengaruhi. Yang penting kan dalam hal ini kuncinya tenang, karena harusnya mas Gibran udah punya semua. Dia adalah pelaku dalam hal ini bukan sekedar teori jadi kami optimis mas Gibran bisa asalkan bisa terus menjaga mood, menjaga mental yang baik, jadi persiapannya nggak ada yang khusus," ujar Grace di Sekretariat , Jakarta Barat, Kamis, 21 Desember.

Grace menilai, Gibran masih bertugas sebagai Wali Kota Solo jelang pelaksanaan debat yang digelar KPU di Jakarta Convention Center (JCC), besok malam. Dia mengaku kurang tahu darimana Gibran akan berangkat ke lokasi debat, apakah langsung atau dari kediaman Capres Prabowo Subianto di Kertanegara 4.

"Setahu saya sih sejak kami pulang dari Kalimantan, beliau menjalankan tugas sebagai walikota jadi dari hari Senin itu sudah berkantor di balai kota. Persiapan berjalan terus, tapi beliau tidak meninggalkan tugasnya sebagai walikota Solo," ungkap wakil ketua dewan pembina PSI itu.

"Teknisnya mesti saya cek dulu tapi beliau sudah siap, dan saya sih optimis banget tim TKN semua optimis bahwa mas Gobran pasti akan tampil, akan punya kejutan," sambungnya.

Pasalnya, lanjut Grace, Gibran merupakan satu-satunya cawapres yang punya pengalaman di eksekutif sebagai kepala daerah. Sehingga, menurutnya, putra sulung Presiden Joko Widodo punya keunggulan dalam hal kebijakan yang bisa diimplementasikan secara langsung kepada masyarakat.

"Selama ini mungkin nggak terlalu banyak tereksplor ide-idenya mas Gibran, tapi justru diberbagai forum yang off camera sebernya mas Gibran tuh banyak gagasan dan apalagi mas Gibran satu-satunya cawapres yang hari ini punya pengalaman di eksekutif gitu kan," ungkap Grace.

"Jadi mas Gibran punya keleluasaan untuk mengelola anggaran, untuk membuat kebijakan-kebijakan yang langsung solutif kepada problem di tempatnya. Ini pasti akan menjadi keunggulan komparatif dibandikan cawapres yang lainnya yang mungkin belum punya pengalaman di eksekutif," imbuhnya.

Soal Gibran bakal menghadap Presiden Jokowi terlebih dulu sebelum debat, Grace mengaku tak tahu. Pastinya, kata dia, sebagai anak Gibran akan meminta restu orang tua.

"Nggak tahu deh, tapi ya mungkin kalau pun nggak ketemu langsung kan pasti ada komunikasi, mungkin mohon doa restu. Ntar saya cek lagi lah," pungkasnya.