Ganjar Ingatkan Anak Muda Tak Terlibat Pinjol: Jangan Beli Handphone Baru Terus Enggak Bayar
Capres Ganjar Pranowo/DOK ANTARA/Rio Feisal

Bagikan:

JAKARTA - Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo mengingatkan anak muda tak mudah tergoda mengambil pinjaman online atau pinjol. Pemuda sebaiknya mencari penghasilan tambahan dengan berjualan hingga menggambar online.

Hal ini disampaikan Ganjar saat menghadiri Teman Cerita Fest di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Desember. Awalnya Ganjar menyinggung soal anak muda yang tak bisa lepas dengan telepon genggam atau handphone.

“Bangun tidur nyari handphone, mau tidur nyari handphone,” kata sosok berambut putih itu.

Dengan handphone menjadi kebutuhan, Ganjar menyinggung jangan sampai anak muda membelinya dengan berutang ke pinjol.

“Wah kredit pinjol beli handphone baru, abis itu enggak bayar. Jangan, jangan,” tegasnya.

 

Alih-alih berutang, ada berbagai cara yang bisa dilakukan anak muda untuk mendapat pemasukan bahkan sambil rebahan. Di antaranya berjualan hingga menggambar online.

“Artinya banyak cara dan kesempatan yang (bisa, red) kita gunakan dalam situasi perubahan yang terdisrupsi,” ujarnya.

Selain itu, anak muda bisa pinjam lebih dulu ke keluarga mereka atau jika terpaksa bisa mengajukan ke lembaga keuangan yang kredibel. Hanya saja, mereka tetap harus mendapatkan literasi keuangan.

Sebab, 60 persen anak muda yang mengambil pinjaman online ternyata menggunakannya untuk kebutuhan konsumtif. “Apa belinya, gadget terbaru, baju baru, tiket konser, ada kemarin yang ketipu tiket konser terus masuk televisi,” ungkap Ganjar.