Kunjungi Posko Relawan di Medan yang Diinisiasi Gen Z, Ini Pesan Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo saat mengunjungi posko relawan yang diinisiasi Gen Z di Medan pada Minggu 11 Juni 2023. (Istimewa)

Bagikan:

MEDAN - Posko relawan biasanya hanya gedung yang aktivitasnya hanya konsolidasi untuk pemenangan. Namun, di Medan, ada posko relawan Ganjar Pranowo yang mengusung konsep unik dan kekinian.

Posko itu bernama Markas Juang Ganjar. Posko relawan yang diinisiasi oleh anak-anak milenial dan Gen Z di Jalan Sei Batanghari no 143, Kota Medan ini mengusung konsep berbeda.

Tak sekadar menjadi tempat rapat dan konsolidasi pemenangan Ganjar, posko itu sengaja dibuat untuk memberikan manfaat lebih pada masyarakat.

Ada kantin kejujuran, yakni kantin yang dibuka untuk umum. Masyarakat boleh makan sepuasnya, dengan membayar seikhlasnya. Menunya pun sangat enak, ada ayam, udang, tempe, sayuran dan aneka lauk pauk lainnya.

Ada juga program pendampingan hukum gratis bagi masyarakat, ambulans gratis, galeri UMKM, dan galeri pengenalan sosok Ganjar.

Karena keunikan itu, Ganjar yang hari ini berkunjung ke Sumut menyempatkan diri mampir. Ia melihat bagaimana aktivitas anak-anak muda di Sumut berkegiatan di posko tersebut.

"Jadi, kami anak-anak muda semua di markas Juang ini, kami ingin melakukan kegiatan yang jelas dan bermanfaat. Makanya, kami membuat kantin kejujuran yang buka setiap siang jam 12.00 sampai jam 13.00 WIB. Kantin ini terbuka untuk umum semua masyarakat boleh ke sini dan bayar seiklhasnya," kata Ade Ritonga, salah satu pendiri Markas Juang Ganjar.

Selain kantin kejujuran, Ade mengatakan di tempat itu juga dibuka layanan konsultasi hukum gratis. Selain itu, juga tersedia ambulans gratis, galeri UMKM, dan galeri tentang kiprah Ganjar Pranowo.

"Kami gotong royong untuk semua ini, kami ikhlas dalam mendukung Pak Ganjar. Karena kami yakin, Indonesia harus dipimpin orang jujur seperti Pak Ganjar. Hanya Pak Ganjar yang bisa melanjutkan program baik Pak Jokowi," tegasnya.

Ganjar sangat mengapresiasi langkah relawan yang didominasi kalangan milenial dan Gen Z itu. Menurutnya, posko Markas Juang merupakan posko relawan paling unik yang pernah ia temui.

"Saya sudah mendapat cerita cukup lama, ada yang kirim foto dan video soal kegiatan teman-teman ini. Ini posko paling unik, ada kantin kejujuran, bayar seikhlasnya. Jadi anak-anak muda ini sudah membangun integritas dengan cara yang baik," ucapnya.

Ada juga program bantuan hukum gratis, ambulans gratis dan galeri UMKM serta galeri yang bisa menunjukkan program kerja dan capaian Ganjar selama menjadi Gubernur Jateng dua periode.

"Ini cara relawan mengedukasi masyarakat dengan baik. Makasih pada teman-teman yang sudah memberikan cara bergerak yang logis dan edukatif. Kita tunjukkan bahwa politik itu bisa beradab, bisa dengan hal-hal kebaikan semacam ini," pungkasnya.