Kreativitas Warga Myanmar Tolak Kudeta Militer: Mural Jalanan, Tembok John Lennon hingga Batman
Kolase aksi unjuk rasa anti kudeta militer di Myanmar. (VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Aksi unjuk rasa menolak kudeta 1 Februari oleh militer Myanmar terus dilakukan diseluruh penjuru Negeri Seribu Pagoda tersebut. Mengantisipasi aksi yang kian meluas, militer sebagai penguasa dibantu dengan kekuatan kepolisian melakukan sejumlah langkah taktis.

Pengerahan kendaraan lapis baja, kendaraan watercanon, tindakah represif hingga amandemen Undang-Undang dilakukan, untuk menghadapi unjuk rasa yang kian hari kian membesar di Myanmar.

Alih-alih gentar, para pengunjuk rasa justru kian kreatif, di tengah tekanan dan kekerasan yang mereka hadapi. Mulai dari slogan-slogan kreatif di poster dan spanduk yang mereka bawa, mural jalanan, blokade kendaraan, hingga Tembok John Lennon yang terkenal.

Ada pula warga yang mengenakan pakaian ala super hero 'Batman', hingga penjual makan yang memberikan makanan gratis buat pengunjuk rasa. Berikut beberapa aksi kreativitas pengunjuk rasa di Myanmar, melansir The Irrawaddy.

Blokade jalan

Pada Rabu malam, kata-kata dari pengunjuk rasa anti-kudeta adalah, "Ayo kita kendarai mobil dengan sangat cepat besok." Keesokan harinya, mobil-mobil di jalan utama Yangon bergerak dengan cepat, menciptakan kemacetan besar di kota. Perlambatan adalah salah satu cara warga Yangon menunjukkan dukungan mereka terhadap Gerakan Pembangkangan Sipil (CDM), yang bertujuan untuk mencegah pegawai negeri sipil bekerja untuk rezim militer. Ketika polisi lalu lintas meminta pengemudi untuk mempercepat, antrean panjang pengunjuk rasa mulai berjalan di seberang jalan dan memblokir kendaraan. Satu kelompok bahkan berlutut di tengah jalan, berpura-pura mengikatkan sepatu.

batman
Batman ikut dalam unjuk rasa di Myanmar. (Twitter/@FrontierMM)

“Kami tidak melanggar hukum apa pun, kami baru saja menyeberang jalan, "teriak seorang pengunjuk rasa kepada polisi lalu lintas yang mencoba membubarkan kelompok.

Di tengah pengerahan pasukan yang besar dan kehadiran kendaraan lapis baja militer di seluruh negeri, ribuan orang dari artis terkemuka hingga anak muda, telah mengadopsi berbagai taktik kreatif untuk menunjukkan oposisi damai mereka terhadap rezim militer, sambil di saat yang sama mengejek para pemimpin kudeta. Biasanya, sumber idenya tidak diketahui.

Mobil mogok

Pada 16 Februari, sejumlah besar pengguna media sosial membagikan pesan: "Mobil besok tidak mogok!" Keesokan harinya, mobil-mobil secara misterius mogok di tengah jalan-jalan utama dan di jembatan-jembatan di seberang Yangon, saat aksi massa harian berlanjut di kota. Dengan mobil-mobil 'mogok' menghalangi jalan, polisi dan personel militer tidak dapat melakukan patroli seperti biasa dan membubarkan protes. Penyumbatan jalan juga membuat pegawai negeri sipil tidak bisa mencapai kantor mereka.

Ketika polisi anti huru hara meminta pengemudi untuk memindahkan mobil, beberapa menjawab bahwa mereka kehabisan bahan bakar, yang lainnya meninggalkan tanda di kendaraan mereka dengan catatan seperti, 'Mobil ini berpartisipasi dalam Gerakan Pembangkangan Sipil'.

mobil mogok
Aksi mobil mogok. (Twitter/@YourAnonCentral)

Ketika polisi mencoba memindahkan mobil, antrean panjang pengunjuk rasa mulai melintasi jalan, dengan sengaja menghalangi mereka. Pemandangan seperti ini berulang dari Yangon ke Muse di bagian utara negara itu, saat kampanye "mobil rusak" berlangsung di seluruh negeri.

“Kami harus menunjukkan penentangan kami terhadap para diktator dengan cara apapun yang kami bisa. Itulah mengapa kami berpartisipasi dalam semua kampanye yang diluncurkan di media sosial," kata sopir taksi U Htoo Htet.

Mural jalanan

Aktivis pro-demokrasi juga tidak mengizinkan polisi anti huru hara beristirahat di malam hari. Setelah seharian bekerja keras untuk membubarkan atau menindak protes di pusat demonstrasi besar di Yangon, mereka menghabiskan malam mereka dengan menghapus semua mural jalanan yang dibuat oleh anak muda di kota-kota besar di seluruh negeri.

Kampanye, yang menampilkan slogan-slogan anti-kudeta besar yang dilukis langsung ke jalan-jalan kota, diyakini telah dimulai minggu lalu di Mandalay, kota terbesar kedua di negara itu, ketika sebuah kelompok melukis 'Kami ingin demokrasi' di jalan di luar Institut Teknologi Informasi Myanmar di Kotapraja Chanmyatharzi. 

mural jalan
Pembuatan mural jalanan. (@GuideCivilian)

Kampanye tersebut menarik perhatian Maxar, sebuah perusahaan teknologi luar angkasa yang memproduksi citra satelit. Perusahaan membagikan gambar muralnya kepada media internasional, mengakui kebaruan metode yang digunakan anak muda di Myanmar untuk didengar.

Dalam beberapa hari, kampanye menyebar dari Negara Bagian Kachin paling utara ke Wilayah Tanintharyi di ujung selatan, dengan anak-anak muda di kota-kota besar membuat mural jalanan yang menampilkan slogan-slogan seperti: 'Hormati suara kami', 'Kami ingin demokrasi', 'Tanpa Kediktatoran' hingga 'F ... kudeta'. Setiap kali pihak berwenang menghapus mural tersebut, penduduk cukup pindah ke lokasi lain dan melukis kembali keinginan mereka di jalanan.

mural jalanan
Mural jalanan. (Twitter/@GuideCivilian)

Pada Kamis pagi, 20 anak muda melukis 'Tanpa Kediktatoran' dengan huruf cetak besar di salah satu jalan utama di Myitkyina, ibu kota Negara Bagian Kachin. Seorang wanita muda dari kelompok yang meminta untuk tidak disebutkan namanya mengatakan, 'Polisi menghapus mural kami hanya beberapa jam setelah kami menyelesaikannya,".

“Kami hanya ingin memberi tahu dunia bahwa kami tidak menginginkan kediktatoran,” katanya.

Gambar yang diproyeksikan

proyeksi gambar
Aksi proyeksi gambar (Sumber: Thar Zaw via The Irrawaddy)

Di Yangon, di mana jam malam diberlakukan, gambar yang diproyeksikan ke sisi bangunan telah menjadi pemandangan umum. Sisi-sisi bangunan diterangi setiap malam, namun lokasinya selalu berubah.

Gambar yang diproyeksikan termasuk penghormatan tiga jari (tanda perlawanan terhadap kudeta) dan tanda-tanda yang mendesak pembebasan pemimpin sipil Myanmar yang ditahan, Penasihat Negara Daw Aung San Suu Kyi, dan menuntut agar pegawai negeri bergabung dengan CDM dan menolak untuk bekerja. kabinet rezim.

'Tembok Lennon'

Terinspirasi oleh gerakan pro-demokrasi populer di Hong Kong, penduduk muda di Yangon juga telah menciptakan 'Lennon Walls' (dinamai menurut nama musisi John Lennon, dipandang oleh banyak orang sebagai simbol kebebasan dan protes damai) di seluruh kota, terutama di halte bus , jembatan dan di dinding di lingkungan mereka.

Di Yangon, orang muda menyebut mereka 'dinding suara kita'. Dinding ditutupi dengan pesan Post-it Note menyerukan demokrasi, menuntut pembebasan Aung San Suu Kyi dan menolak kudeta.

Beberapa anak muda telah menempelkan dinding dan jembatan di Mayangone dan Hledan, tempat protes paling populer di kota, dengan poster dan karya seni untuk menarik perhatian orang-orang terhadap protes tersebut.

Tembok John Lennon
'Lennon Wall'. (Twitter/@FrontierMM)

Seorang pengunjuk rasa anti-kudeta yang membantu memulai gerakan Tembok Lennon di Yangon, perencana kota Ma Eliza Khine, mengatakan, “Kami datang dengan gagasan bahwa kami tidak harus menghadapi pihak berwenang secara langsung. Dan kami dapat menyuarakan keinginan kami dari tembok pada saat yang sama,".

Namun, dia mengatakan polisi sudah mulai mengejar anak muda yang mencoba membuat Lennon Walls baru-baru ini. “Mereka menghapus semua catatan di satu tempat. Tapi kaum muda membuatnya lagi di tempat lain,”.

Panci dan wajan

Memukul panci dan wajan pada pukul 20.00 adalah salah satu kampanye paling gigih yang muncul sejak militer merebut kekuasaan. Ini dimulai di Yangon pada 2 Februari, sehari setelah pengambilalihan militer, dan segera menyebar ke seluruh negeri.

Secara tradisional, orang Burma melempar panci dan wajan untuk mengusir kejahatan dari desa atau rumah.

“Semua anggota keluarga kami menunggu jam menunjukkan pukul 8 malam. setiap malam, ”seorang pensiunan pegawai negeri sipil berusia 70 tahun dari Kotapraja Dawbon.

“Ketika kami mendengar mereka [rezim militer] mendakwa pemimpin kami Daw Aung San Suu Kyi dengan pelanggaran tambahan, kami melakukan pukulan ekstra keras malam itu,” katanya.