Bekal Riset di Amerika, Bambang Widjojanto Sebut AMIN Bakal Hidupkan Pemburu Koruptor dengan Hadiah Tinggi
Capres RI Anies Baswedan menyampaikan visi dan misinya dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/YU

Bagikan:

JAKARTA - Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan kembali menghidupkan pemburu koruptor dan meningkatkan hadiahnya jika terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

"Ini merupakan salah satu langkah untuk memberantas korupsi," kata anggota Dewan Pakar Timnas AMIN, Bambang Widjojanto di Jakarta, dilansir dari Antara, Kamis, 14 Desember.

Bambang mengemukakan bahwa paslon nomor urut 1 ini sudah memiliki beberapa strategi efektif dalam pemberantasan korupsi di Indonesia. Terkait dengan peningkatan hadiah pemburu koruptor, pihaknya sudah melakukan riset di Amerika. Siapa saja yang bisa, mendapatkan uang 279 juta dolar.

"Ini karena dia bisa mengembalikan uang kepada negara dari koruptor di atas 1 billion dolar," kata BW sapaan akrab Bambang Widjojanto.

Menurut BW, pemburu koruptor ini perlu diadakan kembali agar semua masyarakat dapat mengawasi apa yang dikerjakan oleh pejabat negara yang sedang diberikan amanah supaya tidak korupsi.

Selain peningkatan hadiah pemburu koruptor, dia juga memandang perlu segera pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perampasan Aset. Dengan aturan itu, bisa meminimalkan korupsi.

BW juga memandang penting integritas dalam rangka pemberantasan korupsi. Namun, itu harus dijalankan bukan sekadar tanda tangan pakta integritas semata. Hal ini mengingat integritas harus tumbuh di semua warga Indonesia meskipun memerlukan waktu.

"Yang terpenting adalah membangun gerakan antikorupsi di seluruh negeri," katanya.

Dengan langkah tersebut, BW berharap pemberantasan korupsi di Indonesia akan bisa maksimal. "Semua itu sudah menjadi janji politik pasangan AMIN," ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menyelenggarakan debat pertama peserta Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa (12/12) malam, dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Rangkaian debat akan dilanjutkan pada tanggal 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.