Warga Jateng Diminta Waspada Atas Penyebaran COVID 19 ERIS Jelang Natal dan Tahun Baru
Ilustrasi foto: Dok. Polda Jateng

Bagikan:

SEMARANG - Polda Jawa Tengah (Jateng) mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kondisi kesehatan guna menghadapi perayaan Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Hal ini sebagai tanggapan atas beredarnya kabar varian baru COVID 19 yang akhir-akhir ini ramai diberitakan.

Hal itu disampaikan Kabiddokkes Polda Jateng Kombes Pol Sumy Hastry Purwanti pada keterangannya Rabu, 13 Desember.

Diungkapkan bahwa berdasarkan data Kementrian Kesehatan menunjukkan kasus COVID 19 ERIS (Sub Varian EG.5 dan EG.2) mengalami lonjakan yang cukup signifikan di Indonesia.

"Berdasarkan informasi yang diperoleh, COVID 19 ERIS ini masih merupakan turunan dari Varian COVID 19 Omicron, tetapi memiliki penularan yang lebih tinggi," ungkapnya.

Gejalanya pun relatif ringan yaitu, batuk, pilek, demam, mual, muntah. Sedangkan keluhan hilangnya indra penciuman dan perasa relatif lebih jarang ditemukan.

Meski demikian, dirinya mengimbau agar masyarakat tidak menyepelekan, terutama bagi orang yang lanjut usia serta bagi mereka yang mempunyai penyakit kronis atau bawaan karena COVID 19 ERIS ini bisa menjadi berbahaya dan mengancam nyawa penderitanya.

Adapun langkah yang perlu dilakukan bila merasakan gejala tidak enak badan seperti batuk, pilek, demam, agar segera memakai masker dan mengurangi kontak dengan sekitar.

"Jangan lupa segera periksa ke dokter atau klinik untuk menentukan diagnosa yang tepat atas penyakit yang diderita," lanjutnya.

Dirinya juga meminta masyarakat yang belum sempat mendapatkan vaksin, agar mendatangi fasilitas kesehatan setempat untuk mendapatkan vaksinasi COVID 19 ataupun Vaksin C 19 Boster ke 4.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kabidhumas Polda Jateng meminta masyarakat untuk tidak panik, Dirinya juga menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga kondisi kesehatan bersama menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru.

"Tidak perlu panik, mari jaga diri kita dan orang-orang tersayang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Semoga perayaan Hari Natal dan Tahun Baru yang sebentar lagi tiba, kita semua diberi kesehatan dan dapat berkumpul bersama keluarga dalam suasana penuh kebahagiaan," pungkasnya.