Bagikan:

JAKARTA - Capres Prabowo Subianto ‘gusar’ ditanya soal pelanggaran hak asasi manusia (HAM) oleh capres Ganjar Pranowo. Prabowo meminta isu HAM tak dipolitisiasi.

“Pak Ganjar tadi justru anda sebut tahun 2009 kan? Jadi sekian tahun yang lalu kan? dan masalah ini ditangani justru oleh wakil presiden anda ya? Jadi apa lagi yang mau ditanya kepada saya? Saya sudah menjawab berkali-kali ada rekam digitalnya. Saya sudah jawab berkali-kali tiap 5 tahun kalau polling saya naik ditanya lagi soal itu. Bapak tahu data nggak? Bapak tanya ke Kapolda tahun ini berapa orang hilang di DKI? Tahun ini. Ada mayat yang diketemukan Baru beberapa hari lalu dan sebagainya, come on mas Ganjar,” kata Prabowo dalam debat capres, Selasa, 12 Desember.

Prabowo menegaskan dirinya berkomitmen membela hak asasi manusia (HAM). Dia mencontohkan orang-orang yang dulu disebut korban penculikan kini menjadi pendukung di barisannya.

“Jadi, saya tadi katakan saya merasa bahwa saya yang sangat keras membela hak asasi manusia. Nyatanya orang-orang yang dulu ditahan, yang katanya saya culik sekarang ada di pihak saya membela saya saudara-saudara sekalian. Jadi masalah HAM jangan dipolitisasi Mas Ganjar,” ujar Prabowo.