Bagikan:

JAKARTA - Kepolisian Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada Hari Selasa meluncurkan armada baru untuk mendukung tugas patroli, mobil listrik Rabdan One.

Mobil yang dirakit di Kawasan Industri Khalifa ini dibangun lewat kerja sama dengan pabrikan lokal NWTN. Mobil dengan warna dominan putih serta aksen biru tua ini menampilkan nama dan lambang Kepolisian Abu Dhabi.

Rabdan One ditenagai pembangkit listrik berkekuatan 510 kilowatt yang digerakkan oleh dua turbin, dengan perkiraan torsi 1.040 newton-meter. Itu membuatnya mampu berakselerasi dari 0kpj hingga 100kpj dalam waktu 4,5 detik. Sekali melakukan pengisian tenaga, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 860 kilometer, melansir The National News 14 November.

"Kendaraan ini beroperasi menggunakan teknologi jarak jauh tercanggih di dunia, dibedakan berdasarkan efisiensi energi dan kemampuan pengurangan emisinya," lapor kanto berita negara WAM.

Belum jelas kapan mobil tersebut akan mulai digunakan oleh Kepolisian Abu Dhabi. Namun, prototipe Rabdan One sukses besar pada pertemuan Adipec 2023 pada Bulan Oktober lalu.

SUV dengan lima tempat duduk ini merupakan salah satu SUV pertama yang diproduksi di UEA, ditampilkan di stan Kementerian Perindustrian dan Teknologi Maju dalam gelaran Kongres Media Global yang diadakan pada 14-16 November di Pusat Pameran Nasional Abu Dhabi (ADNEC).

Berbeda dengan Abu Dhabi, Kepolisian Dubai yang telah lebih dahulu mengoperasionalkan kendaraan listrik, memilih merk asing untuk armada patrolinya.

Oktober tahun lalu, mereka menerima SUV Hongqi E-HS9. Juni tahun ini, mereka mengumumkan mobil patroli listrik yang berbasis merk otomotif kenamaan, Audi RS e-tron GT.