Bagikan:

JAKARTA - Mobil listrik semakin menemukan tempatnya di pasaran beberapa di antaranya digunakan oleh departemen kepolisian di beberapa negara seperti Toyota bZ4X sebagai kendaraan patroli listrik di Kota London, Audi RS e-tron GT yang jadi armada kepolisian Abu Dhabi, MG4 EV jadi armada kepolisian Prancis, hingga Kia EV6 GT-Line AWD, yang bergabung dengan armada kepolisian Queensland.

Baru-baru ini, unggahan video Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi di platform X, menampilkan Lucid Air yang memimpin rombongan mobil polisi yang dilengkapi dengan sirine besar bergaya fiksi ilmiah di atas atap. Peralatan ini menyimpan sebuah drone yang dapat digunakan untuk mata-mata di area yang tidak dapat dijangkau oleh sedan listrik tersebut. 

Berdasarkan unggahan tersebut, dilansir CarBuzz, 4 Februari, mobil listrik ini akan dipamerkan di World Defense Show negara tersebut hingga 8 Februari. Mobil ini memiliki skema cat dua warna hitam dan putih, dilengkapi dengan stiker "Polisi" dan "911". Meskipun agensi pemerintah tidak merinci trim mana yang dipamerkan, desain roda menunjukkan kemungkinan ini adalah Air Pure, varian entry level dari model tersebut.

7
Jajaran model Lucid Air model 2024. (Dok. Lucid Motors)

Dilihat spesifikasinya dari laman resmi merek, Lucid Air Pure merupakan satu-satunya trim dengan penggerak roda belakang (RWD) menghasilkan daya sebesar 430 dk dari setup motor tunggal. Mobil listrik ini juga amat kencang dengan kecepatan tertinggi 200 km/jam dan akselerasi dari 0-96 km/jam dapat dicapai 4,5 detik.

Sementara saat baterai terisi penuh Lucid Air Pure dapat menjangkau hingga jarak 660 km dan cukup dengan pengisian baterai selama 15 menit mobilnya juga bisa dilajukan hingga 231 km. Dan harga satu unitnya, mulai 77.400 dolar AS atau setara Rp1,2 miliar.

Belum jelas mengapa Lucid Air yang dipilih, namun diketahui bahwa Public Investment Fund Arab Saudi memiliki sekitar 60% saham di Lucid. Perusahaan mobil listrik ini bahkan memiliki pabrik di Jeddah, Arab Saudi, yang dikenal sebagai AMP-2. Salah satu kesepakatan antara keduanya adalah pembelian 100.000 model Lucid selama sepuluh tahun.