Whuzzz! Mobil Tesla Korlantas Bisa <i>Ngebut</i> 0-100 Km dalam Hitungan Detik
Mobil Tesla Model 3 yang digunakan Korlantas (dok. Humas Polda Metro Jaya)

Bagikan:

JAKARTA - Korlantas Polri mendapat kendaraan baru untuk mobil patroli. Pasalnya mereka baru saja menerima hibah mobil listrik Tesla dari Ikatan Motor Indonesia (IMI). 

Mobil Tesla model 3 itu sudah berbalut dengan livery Polisi Jalan Raya (PJR). Artinya mobil berkelir biru, putih dan merah ini siap berpatroli di jalan-jalan ibu kota. 

Kendaraan patroli Korlantas ini bukanlah mobil biasa. Sebab, mobil baru ini merupakan mobil listrik yang ramah lingkungan, efektif dan efisien. 

"Ini kebanggaan kita dan akan kita gunakan semaksimal mungkin untuk melayani masyarakat," kata Kakorlantas Polri, Irjen Istiono dalam keterangannya, Jumat 26 Februari.

Terlepas dari harga mobil Tesla 3 yang bisa mencapai Rp1 miliar. Mobil listrik buatan Tesla ini memang sudah banyak dipakai oleh Kepolisian di sejumlah negara seperti AS dan Uni Emirat Arab sebagai kendaraan patroli. 

Adapun untuk tipe mobil yang dihibahkan IMI yakni Tesla Model 3 Standard Range Plus. Melansir dari ev-database.org tipe Standard Range Plus ini memiliki kapasitas baterai 50 kWh dapat menempuh 400 KM dalam sekali pengecasan.

Mobil Tesla Model 3 Standard Range Plud ini memiliki tenaga 325 PS atau setara 320,5 TK dan torsi 420 Nm yang dialirkan menuju roda belakang. Kemudian performanya, 0-100 kpj diraih dalam waktu 5,6 detik dan kecepatan puncaknya 225 kpj.

Fitur penunjang yang ada di mobil ini meliputi sistem kemudi Autopilot Mode, Recirculating Air Quality Mode, Layar Sentuh Futuristik 15 Inci, Sistem Audio dengan 15 speakers, 1 subwoofer, dan 2 amps, serta Tinted Glass Roof berteknologi penangkal sinar UV & infrared. 

Bicara soal harga, berdasarkan info dari website resmi Prestige Motorcars, mobil listrik Tesla Model 3 dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp1,5 miliar. Selain Tesla, rumornya Korps lalu lintas Polri juga akan menggunakan mobil listrik Ioniq dari Hyundai.