Menunggu Aksi Korlantas Polri di Jalanan dengan Mobil Mewah Tesla
Mobil Tesla Model 3 yang digunakan Korlantas (dok. Humas Polda Metro Jaya)

Bagikan:

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menerima mobil listrik, Tesla. Rencananya kedepannya mobil mewah ini bakal digunakan menyusuri jalan atau berpatroli.

"Mobil listrik ini dapat memotivasi Korlantas tentunya untuk ke depannya mobil-mobil patroli," ucap Kakorlantas Polri Irjen Istiono dalam keteranganya, Kamis, 25 Februari.

Penggunaan mobil Tesla dalam kegiatan patroli juga bisa mendukung program pemerintah perihal kendaraan ramah lingkungan.

Alasannya, mobil Tesla tipe 3 ini tak hanya ramah lingkungan karena berdaya listrik. Sebab, mobil ini juga ektif, efisien, dan lebih irit. Sehingga, dapat mengurangi polusi udara yang sangat mengganggu.

"Ini kebanggaan kita dan akan kita gunakan semaksimal mungkin untuk melayani masyarakat," kata dia.

Hanya saja belum dipaparkan secara gamblang langkah lebih jauh dan perencanaan perihal penggunaan mobil listik tersebut.

Terlepas dari perencanaan penggunaan di Korp Lalu Lintas, mobil listrik buatan Tesla ini memang sudah banyak dipakai oleh Kepolisian di sejumlah negara seperti AS dan Uni Emirat Arab sebagai kendaraan patroli. 

Mobil Tesla tipe 3 ini masuk dalam katogori mobil mewah. Sebab, harga mobil Tesla 3 yang bisa mencapai Rp1 miliar.

Adapun untuk tipe mobil yang dihibahkan IMI yakni Tesla Model 3 Standard Range Plus. Melansir dari ev-database.org tipe Standard Range Plus ini memiliki kapasitas baterai 50 kWh dapat menempuh 400 KM dalam sekali pengecasan.

Mobil Tesla Model 3 Standard Range Plus ini memiliki tenaga 325 PS atau setara 320,5 TK dan torsi 420 Nm yang dialirkan menuju roda belakang. Kemudian performanya, 0-100 kpj diraih dalam waktu 5,6 detik dan kecepatan puncaknya 225 kpj.

Fitur penunjang yang ada di mobil ini meliputi sistem kemudi Autopilot Mode, Recirculating Air Quality Mode, Layar Sentuh Futuristik 15 Inci, Sistem Audio dengan 15 speakers, 1 subwoofer, dan 2 amps, serta Tinted Glass Roof berteknologi penangkal sinar UV & infrared. 

Bicara soal harga, berdasarkan info dari website resmi Prestige Motorcars, mobil listrik Tesla Model 3 dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp1,5 miliar. Selain Tesla, rumornya Korps lalu lintas Polri juga akan menggunakan mobil listrik Ioniq dari Hyundai.