Hujan Butiran Es Hebohkan Warga Kota Palembang, BMKG: Memasuki Musim Pancaroba
Suasana usai hujan deras di Kota Palembang, Jumat (17/11/2023). (ANTARA/ M Imam Pramana)

Bagikan:

PALEMBANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengungkapkan, fenomena hujan es di Kota Palembang akibat musim pancaroba di wilayah itu.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang Sinta Andayani mengatakan, fenomena alam hujan es terjadi di Kota Palembang akibat musim pancaroba.

"Memasuki musim pancaroba yaitu peralihan dari musim kemarau ke musim hujan memang memungkinkan terjadinya fenomena hujan butiran es tersebut," kata Sinta di Palembang, Antara, Jumat, 17 November. 

Ia menambahkan bahwa warga Sumatera Selatan harus mewaspadai fenomena musim pancaroba

"Hujan deras, angin kencang, puting beliung, kilat, petir, hingga fenomena hujan es, bisa terjadi akibat musim pancaroba ini," jelasnya.

Ia menambahkan wilayah paling berpotensi cuaca ekstrem belum bisa diprediksi. Namun tidak menutup kemungkinan seluruh wilayah Sumsel bisa terjadi cuaca ekstrem yang menimbulkan bencana.

Fenomena hujan butiran es viral dan memenuhi layar beranda di media sosial Instagram dan WhatsApp warga Kota Palembang, hari ini.

"Min, min, min, hujan es min di Palembang," kata seseorang di video fenomena hujan es.