Bagikan:

JAKARTA - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menyampaikan pihaknya bakal memperkuat personel Brimob di tiga ibu kota Daerah Otonomi Baru (DOB). 

Ketiga wilayah itu, yaitu Wamena yang merupakan ibu kota Provinsi Papua Pegunungan, Nabire ibu kota Papua Tengah dan Merauke, ibu kota Papua Selatan.

Dengan ditempatkannya pasukan di tiga wilayah itu, diharapkan selain mempermudah saat pergeseran pasukan, juga memperkuat pengamanan di wilayah tersebut.

"Ekskalasi saat pemilu terutama Pemilukada diperkirakan meningkat sehingga dengan keberadaan personel Brimob yang dibantu TNI diharapkan dapat membantu mengatasinya," kata Fakhiri setelah upacara memperingati HUT ke-78 Brimob yang dilaksanakan di Mako Brimob Polda Papua di Kotaraja, Jayapura, Kamis 16 November, disitat Antara.

Selain itu, personel di Timika dan Jayapura serta Nabire bakal diperkuat Brimob Pelopor 3 Timika.

Fakhiri menambahkan, dengan penempatan personel Brimob itu selain berasal dari kesatuan di daerah tetapi juga penugasan.

Fakhiri menyebutkan, penempatan untuk Brimob saat penyelenggaraan Pemilu 2024 tidak langsung berhadapan dengan masyarakat.

"Kebijakan itu sudah diberitahukan ke Karo Ops Polda Papua karena mereka akan dipersiapkan sebagai pasukan PHH," tandasnya.