Bagikan:

JAKARTA - Viral video memperlihatkan tugu Monumen Nasional (Monas) Jakarta dipenuhi balon udara besar warna merah dan putih bertuliskan "Ganjar Mahfud" dan "2024"

Balon udara tersebut juga menampilkan wajah pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Tampak pula video mapping yang menyoroti tugu Monas yang bertuliskan "Ganjar Mahfud 2024".

Mengklarifikasi hal itu, Kepala Unit Pengelola Kawasan (UKP) Monumen Nasional (Monas) Isa Sanuri menegaskan bahwa tidak ada balon udara bergambar Gajar dan Mahfud yang terbang di Monas. Dengan demikian, video tersebut merupakan hasil editan.

"Enggak ada (balon udara Ganjar dan Mahfud). Monggo diinterpretasikan sendiri," kata Isa dalam pesan singkat, Kamis, 16 November.

Isa menegaskan, penggunaan balon udara di kawasan Monas tidak boleh sembarangan. Selain objek vital nasional, Monas juga berada di ring satu yang berada di sekitar wilayah dinas dan kediaman Presiden.

"Di ring satu atau objek vital, setiap penerbangan drone, benda terbang, dan balon udara, harus mendapatkan rekomendasi dari Sekretariat Militer Presiden," jelas Isa.

Sebagai informasi, akun media sosial X @AREAJULID mengunggah video balon udara Ganjar-Mahfud di kawasan Monas dengan latar waktu malam hari.

Akun X tersebut tak menjelaskan bahwa balon udara tersebut adalah editan dan tak nyata. Ia justru menarasikan seolah balon udara tersebut memang diterbangkan di Monas.

"Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di sekitar Monas, ada yang udah liat? Wdyt?" tulis akun @AREAJULID.