Kapolri Siapkan Strategi Pengamanan di Wilayah DOB Papua Jelang Pemilu 2024
Kapolri Jenderal. Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers usai memberikan pengarahan dalam Rapim Polri 2023 di Jakarta, Kamis (9/2/2023). ANTARA/Laily Rahmawaty

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan pihaknya bakal merancang skema pengamanan di empat Daerah Otonom Baru (DOB) Papua, khususnya terkait Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Empat wilayah DOB itu yakni, Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Barat Daya.

"Tentunya karena 4 DOB ini nantinya di tahun 2024, tentunya akan didefinitifkan kan jadi provinsi baru. Kita juga siapkan personel termasuk kerangka untuk mempersiapkan manakala nanti menjadi provinsi baru, tentunya juga bagaimana kesiapan satuan kepolisian untuk juga mengiringi," ujar Jenderal Sigit kepada wartawan, Kamis, 9 Februari.

Tetapi sebelum merujuk ke skema pengamanan, Sigit mengatakan akan menprioritaskan struktur keamanan baru atau Polda. Dengan begitu, pemetaan dan penyusunan sistem keamanan akan lebih mudah.

"Karena memang kita juga harus mengembangkan sesuai dengan perkembangan otonomi daerah ya, dengan membentuk struktur baru di sana, ini sedang kita rancang," kata Sigit.

Polri saat ini tengah merancang pembangunan beberapa polda terkait pemekaran wilayah Papua.

"Dengan adanya penambahan lima wilayah DOB tentunya Polri mempersiapkan personel untuk wilayah pemekaran yang nantinya di ibu kota provinsi akan ada polda baru. Semua itu kami siapkan," kata Sigit