Pengendara Harus Taat Aturan di Jakarta, 70 Kamera ETLE Tambahan Beroperasi Januari 2024
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Polda Metro Jaya bakal merampungkan proses pemasangan 70 kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) tambahan di wilayah Jakarta, pada Desember 2023. Penambahan ini dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap aturan berkendara.

"(Kamera ETLE tambahan) Yang 70. Udah, udah (mulai dipasang),” ujar Direkrtur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Senin, 13 November.

Rencananya, puluhan kamera ETLE tambahan itu akan mulai dioperasionalkan Januari 2024. Namun, tak dijelaskan lebih jauh mengenai lokasi atau titik pemasangannya.

"Desember ini udah selesai semua (pemasangan 70 kamera ETLE). Tinggal running untuk operasionalnya aja. Ya Januari lah udah harus operasional,” sebutnya.

Latif hanya menyebut 70 kamera ETLE tambahan itu akan memantau jalur-jalur yang terdapat banyak pelanggaran lalu lintas, seperti melawan, masuk jalur TransJakarta, dan juga yang masuk atau melewati Jalan Layang Non Tol (JLNT).

“Ya memang kan perlu sejalur itu banyak pelanggaran yang perlu kita awasi itu,” kata Latif.

Adapun, di wilayah hukum Polda Metro Jaya atau Jakarta dan sekitarnya, telah terpasang 98 kamera ETLE.

Pemasangan dan pengoprasian kamera ETLE dimulai pada 2020. Kala itu, 57 kamera terpasang di sekitaran wilayah DKI Jakarta.

Kemudian, dilakukan penambahan pada 2021. Jumlahnya sekitar 41 kamera. Penambahan itu dikakukan bersamaan dengan peluncuran ETLE skala nasional.