Bela Palestina Tolak Israel, PDIP Ungkap Elektoral Ganjar Sempat Turun 7 Persen
Bakal capres Ganjar Pranowo berpelukan dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. ( Instagram ganjar_pranowo)

Bagikan:

TANGERANG - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebut partainya mendukung penuh kemerdekaan Palestina.

Hasto mengatakan sikap PDIP tegas terkait hal ini, meski efeknya menimpa jagoan mereka yang diusung dalam Pilpres 2024.

“Elektoral Pak Ganjar turun 7 persen. Itu tidak ada artinya dengan dukungan terhadap Palestina," katanya di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis, 9 November

Hasto mengatakan efek itu dirasakan jelang perhelatan Piala Dunia U-20 di Tanah Air. Kala itu, PDIP dan bakal calon presiden yang diusung Ganjar Pranowo menolak partisipasi tim nasional Israel di Piala Dunia U-20 2023.

Penolakan juga datang dari sejumlah pihak yang berujung dicabutnya status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Namun, Hasto tak jadi soal lantaran sikap itu sesuai dengan amanah konstitusi NKRI.

“Untuk perjuangan kemerdekaan Palestina. Kami satu napas. Maka mengapa ketika Israel mau datang dengan kesebelasan sepak bola, kami langsung menyampaikan sikapnya,” ujar Hasto.

Ganjar Pranowo ketika menjadi Gubernur Jawa Tengah tegas menolak timnas Israel tampil pada ajang Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Menurut Ganjar, hal ini sesuai dengan sikap Presiden ke-1 RI Soekarno.

Ganjar menyampaikan sebagai kader PDIP tentu memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina.

"Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok, dan maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kita ikut amanat beliau," kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Kamis, 23 Maret.