Pemimpin Chechnya Sebut Mantan Tentara Bayaran Wagner Berlatih dengan Pasukan Khusus Akhmat
Presiden Rusia Vladimir Putin bersama Ramzan Kadyrov. (Wikimedia Commons/Пресс-служба Президента Российской Федерации)

Bagikan:

JAKARTA - Sekelompok besar mantan tentara bayaran Wagner Rusia, mulai berlatih dengan pasukan khusus dari wilayah Chechnya di Rusia selatan, kata Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov.

Dalam unggahannya di Telegram Kadyrov mengatakan, sekelompok besar mantan tentara Wagner sedang menjalani pelatihan intensif dengan pasukan khusus Akhmat milik Chechnya.

"Saya senang hari ini jajaran satuan kenamaan (Akhmat) telah bergabung dengan para pejuang yang memiliki pengalaman tempur yang sangat baik, telah membuktikan diri sebagai pejuang yang gagah berani dan efisien," ujar Kadyrov seperti melansir Reutes 7 November.

"Saya yakin bahwa dalam pertempuran mendatang, mereka akan sepenuhnya memenuhi reputasi mereka," lanjut Kadyrov.

Tidak jelas berapa banyak anggota Wagner yang ambil bagian, atau apakah ada di antara mereka yang akan tetap bergabung dengan pasukan Chechnya setelah pelatihan selesai.

Sejak tewasnya Prigozhin, Kremlin menolak anggapan dia dibunuh atas perintah Presiden Vladimir Putin untuk menghukumnya atas pemberontakan Bulan Juni.

Presiden Putin kemudian mengambil langkah untuk menempatkan para tentara Wagner di bawah kendali negara, memerintahkan mereka untuk menandatangani sumpah setia, kendati Kremlin mengatakan kelompok itu tidak ada secara resmi.