DPR AS Siapkan Medali Emas Kongres untuk Polisi Korban Kerusuhan Capitol Hill
Kerusuhan di Capitol Hill. (Wikimedia Commons/Tyler Merbler)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi, mengumumkan Rancangan Undan-Undang (RUU) pemberian medali emas kongres bagi aparat kepolisian yang menjadi korban dalam kerusuhan di Capitol Hill, Washington DC pada 6 Januari lalu.

Seorang petugas Kepolisian Capitol Brian Sicknick diketahui tewas dalam kerusuhan tersebut. Dua petugas lainnya yang luka-luka dalam kerusuhan tersebut tewas setelah sempat menjalani perawatan. Sementara, puluhan polisi liannya terluka dalam bentrokan yang disebabkan ulah pendukung Donald Trump tersebut.

"Kami telah diingatkan tentang keberanian luar biasa dari Kepolisian Capitol Amerika Serikat, pria dan wanita yang mempertaruhkan dan memberikan hidup mereka untuk menyelamatkan kita, menjadi martir bagi demokrasi kita," kata Nancy Pelosi dalam sebuah pernyataan, melansir Reuters.

Pelosi telah meminta semua anggota parlemen untuk menjadi sponsor bersama RUU tersebut. Undang-undang tersebut akan membuat tiga medali emas kongres untuk diberikan kepada Kepolisian Capitol AS dan Departemen Kepolisian Metropolitan Washington serta kepada Lembaga Smithsonian untuk tujuan pameran dan penelitian.

Apresiasi dan penghargaan kepada polisi yang menjadi korban saat kerusuhan Capitol Hill, mendapat respon hangat dan ucapan terima kasih dari Departemen Kepolisian Capitol dan Departemen Kepolisian Metropolitan Washington.

“Pengakuan terhadap keberanian petugas polisi kami, pada saat mereka mengalami emosi dan kelelahan adalah anugerah yang luar biasa. Kami memiliki terlalu banyak pahlawan untuk dihitung dan kami rendah hati, Kongres mungkin mengenali mereka dengan cara ini, " kata Yogananda Pittman, penjabat kepala Polisi Capitol AS, dalam sebuah pernyataan.