Gubernur Riau Syamsuar Pamit
Syamsuar saat berpamitan dengan jajaran di gedung Daerah Provinsi Riau di Pekanbaru, karena masa jabatannya berakhir 3 November 2023. ANTARA/HO-Humas Pemerintah Provinsi Riau,

Bagikan:

PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar yang mengakhiri masa tugas sebagai pemimpin Riau  dan akan maju sebagai anggota DPR pada Pemilu 2024 menyatakan pamit kepada jajaran di lingkup Pemerintah Riau.

"Hari ini saya mengakhiri tugas sebagai Gubernur Riau dan yang akan menggantikan sebagai pejabat gubernur Riau adalah Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution dalam beberapa waktu sementara. Saya akan hijrah mengikuti Pemilu DPR RI 2024," ujar Syamsuar di hadapan jajaran Pemprov Riau dilansir ANTARA, Jumat, 3 November.

Ia mengatakan selama mengemban tugas sebagai gubernur selama empat tahun lebih, dirinya bangga dengan jajaran Pemprov Riau yang telah bekerja keras dalam menjalankan tanggung jawab dan tidak lupa atas nama pribadi memohon maaf atas salah dan khilaf selama bergaul.

Syamsuar akan selalu mendukung Wakil Gubernur Riau Edy Nasution hingga menyelesaikan tugas sampai akhir yakni 31 Desember 2023, sebab tugas yang dipikul tersebut adalah tugas mulia yang menyangkut kesejahteraan masyarakat.

"Terima kasih kepada seluruh jajaran Pemprov Riau, saya bangga dengan prestasi kinerja kalian. Semoga ini kinerja menjadi amal ibadah di sisi Tuhan Yang Maha Esa," katanya.

Ia mengatakan, berkat kekompakan selama ini, dapat memajukan daerah Riau. Jjika ada sesuatu yang perlu didiskusikan maka Syamsuar menyatakan siap berdiskusi.

Sebelumnya Gubernur Riau Syamsuar berpamitan dengan para Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau. Selain berpamitan Gubernur Riau Syamsuar juga menyampaikan permohonan maaf kepada para Forkopimda Riau serta kepala daerah se-Riau.

"Sebagai manusia biasa tentu tidak terlepas dari kesalahan. Karena itu saya memohon maaf kepada para Forkopimda Riau dan kepala daerah di Riau. Pada 3 November 2023 merupakan hari terakhir saya menjabat sebagai kepala daerah, karena itu terima kasih kepada para Forkopimda, Pak Bupati, Wakil Bupati," katanya.

Kapolda Riau, Irjen M Iqbal menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih terhadap Gubernur Syamsuar. Ia juga menyampaikan bahwa selama kepemimpinannya sebagai Gubernur Syamsuar sukses membuat Riau maju.

"Atas nama Kepolisian Daerah Polda Riau, kami mengucapkan terima kasih banyak atas dedikasi Pak Syamsuar dalam membawa Riau lebih maju. Karena secara teori kriminologi, jika suatu daerah maju maka angka kejahatan juga akan menurun," ujarnya.

Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Dany Cakra juga menyampaikan meskipun ia baru bertugas selama enam bulan di Riau namun, pihaknya bersama jajaran TNI Angkatan Darat mengapresiasi kinerja Gubernur Riau Syamsuar selama ini.

"Kami bersama jajaran TNI Angkatan Darat mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pak Gubernur Riau Syamsuar atas kinerjanya selama ini. Banyak kegiatan yang sudah kami kolaborasikan dan berjalan dengan baik," katanya.

Wakajati Riau, Hendrizal Husin yang juga hadir pada rapat tersebut menyampaikan bahwa para Forkopimda Riau selama ini dalam berkoordinasi di bawah kendali Gubernur Riau Syamsuar sudah cukup baik sehingga jika ada permasalahan di daerah dapat segera diselesaikan. 

Terkait