Gubernur Riau Positif COVID-19 untuk Kedua Kalinya
Gubernur Riau Syamsuar. (ANTARA/Vera Lusiana)

Bagikan:

PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar dinyatakan kembali terinfeksi COVID-19 setelah melakukan pemeriksaan usap reaksi berantai polimerase (PCR) rutin di RSUD Arifin Achmad Riau.

Jubir Satgas COVID-19 Riau, Surya Hajar membenarkan hal tersebut. Dia menyebutkan Syamsuar terkonfirmasi positif virus corona namun tanpa ada gejala. Saat ini, Syamsuar melakukan isolasi mandiri di kediamannya.

Sebelumnya Syamsuar pernah terkonfirmasi positif terinfeksi COVID-19 pada Desember 2020.

Berdasarkan pemeriksaan tim dokter khusus dari RSUD Arifin Achmad, disebutkan kondisi fisik dan pemeriksaan Gubernur Riau itu dalam keadaan normal.

"Di hari yang sama kita lakukan pemeriksaan laboratorium dan rontgen, semuanya dalam keadaan normal," kata Surya dikutip Antara, Kamis, 17 Februari.

Surya mengaku belum bisa memastikan dari mana Syamsuar tertular virus itu karena agenda kegiatannya yang memang sering keluar kota.

"Tapi Pak Gubernur tak ada keluhan apa-apa. Pagi-pagi beliau juga selalu jogging dan sudah vaksin booster," ucap Surya.

Saat dihubungi melalui telepon, Syamsuar membenarkan tak ada gejala yang ia rasakan. Indra perasa dan penciuman pun masih berfungsi dengan baik.

"Tak ada gejala, rasanya tak kena COVID saja," katanya.

Syamsuar mengaku tak ada masalah dengan nafsu makan dan saat ini terpisah tempat dengan istrinya karena harus isolasi mandiri.

"Saya kan sudah pernah kena, jadi beda sekali. Saya juga sudah booster, jadi kekuatan imunitasnya 19 ribu. Mudah-mudahan cepat sembuh," kata dia.

Syamsuar juga berpesan kepada masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan dan selalu menggunakan masker.

"Kalau sedang isolasi di rumah, minta saja obat ke tenaga medis di puskesmas agar cepat sembuh," kata dia.