Ragukan Pernyataan Firli Bahuri, MAKI Tunjukkan Foto Bukti Pertemuan dengan Bos Alexis Alex Tirta
Dok foto MAKI yang diklaim bukti kenalnya Firli Bahuri dan Alex Tirta

Bagikan:

JAKARTA - Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman meragukan Ketua KPK Firli Bahuri tak kenal dengan bos tempat hiburan malam Alexis, Alex Tirta. Sebab, dia punya foto pertemuan keduanya.

Hal ini disampaikan Boyamin menanggapi pengacara Firli, Ian Iskandar yang menyebut kliennya tak kenal dengan Alex.

Pernyataan ini disampaikan setelah terungkap rumah di Jalan Kertanegara, Jakarta yang jadi tempat singgah Firli ternyata disewa oleh Alex dari seorang berinisial E dan biaya sewanya mencapai Rp650 juta.

“MAKI menemukan foto di mana itu terjadi pada 2019 ketika Pak Firli syukuran ketika diangkat menjadi Kabaharkam, setelah jadi Kapolda Sulsel,” kata Boyamin dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 2 November.

“Jadi sebelum dilantik sebagai Ketua KPK. Itu ternyata bikin acara syukuran, dan di situ ada Alex Tirta,” sambungnya.

Dengan adanya bukti foto ini dan perbedaan pernyataan yang disampaikan pengacara Firli, Boyamin makin yakin pendalaman harus dilakukan. Termasuk, soal sewa rumah di Jalan Kertanegara.

“Justru nampak Pak Alex Tirta mengakui kenal dengan pak firli tapi justru lawyernya Pak firli mengatakan tidak kenal, nah, ini yang justru harus didalami betul,” ujar Boyamin.

Adapun dalam foto yang ditunjukkan Boyamin, Firli terlihat berdiri di posisi ketiga dari sebelah kiri. Sementara Alex berada di sisi kedua dari kanan. Ada tiga orang lain di antara posisi Firli dan Alex Tirta.

Diberitakan sebelumnya, rumah di Jalan Kertanegara, Jakarta yang awalnya disebut milik Firli jadi sorotan. Sebab, rumah yang pernah digeledah Polda Metro Jaya itu tak terdaftar dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Belakangan, rumah itu disebut disewakan Alex Tirta untuk Firli. Pengusaha tempat hiburan malam sekaligus Ketua Harian Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengaku menyewa dari seorang berinisial E.

Di rumah tersebut juga disebut pernah terjadi pertemuan antara Firli dengan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo yang berujung dugaan pemerasan. Hanya saja, peristiwa ini dibantahnya.

Kata Firli dia tak pernah bertemu Syahrul. Sementara Syahrul menganggukkan kepalanya saat disinggung dirinya pernah berjumpa Firli di Kertanegara.

Ketika itu SYL ditanya awak media setelah menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, hari ini Senin, 30 Oktober.

"Iya, tanya Polda, tanya polda," kata Syahrul setelah menganggukkan kepalanya sambil menaiki mobil tahanan.