Bagikan:

JAKARTA - Pengusaha tempat hiburan malam sekaligus Ketua Harian Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Tirta Juwanda Darmadji alias Alex Tirta, tak memenuhi panggilan pemeriksaan di Polda Metro Jaya, hari ini. Kesehatan menjadi alasan Alex tak hadir. 

"Menginfokan kepada penyidik bahwa Alex Tirta berhalangan hadir pada jadwal pemeriksaan hari ini yang sudah terjadwal pada pukul 14.00 WIB karena alasan kesehatan," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak, Rabu, 1 November.

Dengan ketidakhadiran Alex Tirta pada pemeriksaab hari ini, tim kuasa hukumnya meminta penyidik untuk menjadwalkan ulang proses pemeriksaan.

Penyidik pun memutuskan untuk mengagendakan ulang pemeriksaan terhadap pengusaha tempat hiburan malam itu pada Jumat 3 November, sekitar pukul 09.00 WIB.

"Dijadwalkan ulang untuk pemeriksaan terhadap Alex Tirta pada Jumat, 3 November," kata Ade.

Mengenai status rumah yang berada di Jalan Kertanegara nomor 46, baru diketahui bila Alex Tirta merupakan pihak penyewa dari pemilik berinisial E.

Penyewaan rumah yang dijadikan 'safe house' Ketua KPK Firli Bahuri itu sejak 2020.

"(Rumah disewa) mulai tahun 2020,” sebut Ade.

Alex Tirta menyewa dengan harga cukup tinggi. Ratusan juga harus dikeluarkannya untuk membayar setiap tahunnya.

“Sewanya sekitar Rp 650 juta setahun,” kata Ade.

Adapun, rumah itu sempat digeledah Polda Metro Jaya pada Kamis, 26 Oktober. Penyidik menyita sejumlah alat bukti dari lokasi. Namun tak disampaikan secara detail apa saja yang disita dari rumah tersebut.

"Ada beberapa barang bukti yang kita lakukan penyitaan di spot penggeledahan rumah Kertanegara nomor 46," sebut Ade.

Bahkan, belakangan rumah itu disebut sempat dijadikan lokasi pertemuan antara Firli Bahuri dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atau SYL.

Hanya saja, Firli membantahnya. Ia beralasan rumah di Kertanegara itu hanya digunakan untuk beristirahat ketika sedang giat di Jakarta.

"Enggak ada, enggak ada. Itu hanya tempat istirahat kalau seandainya saya ada giat di Jakarta ya," kata Firli.