Bagikan:

TANGERANG - Dinkes Kesehatan (Dinkes) Tangerang Selatan (Tangsel) mencatat ada dua warganya yang terpapar cacar monyet atau Monkey Pox. Namun, dua orang tersebut tidak ada riwayat perjalanan ke luar kota ataupun ke luar Negeri.

Kadinkes Tangerang Selatan, Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan kedua pasien ini hanya berkontak erat dengan keluarganya saja sesaat berada di rumah.

“Kami tanyakan kepada yang bersangkutan bahwa memang tidak ada riwayat perjalanan dan kontak erat hanya pada keluarga dalam satu rumah,” kata Allin saat dikonfirmasi, Selasa, 31 Oktober.

Sebelum positif cacar monyet, kedua pasien itu memiliki gejala demam akut lebih dari 38,5 derajat celcius setelah 1-3 hari, ruam akut, nyeri otot, sakit punggung, kelelahan tubuh serta ditemukan pembengkakan pada kelenjar getah bening (limfadenopati).

“Kemudian dilakukan pemeriksaan positif cacar monyet,” katanya.

Kekinian kedua pasien itu berangsur membaik. Ia menyebut satu pasien menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan tenaga kesehatan di rumahnya.

“Kondisi pasien saat ini dalam keadaan baik, yang satu diisolasi di RS Sulianti Saroso dan satu lagi menjalankan isolasi mandiri di rumah,” ucapnya.