Bagikan:

TANGERANG - Kondisi dua pasien cacar monyet di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kini berangsur membaik baik setelah menjalani isolasi. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel, masih terus melakukan pemantauan dan perkembangan kondisi pasien melalui petugas medis.

Kepala Dinkes Kota Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan dari hasil tracing diketahui kedua pasien tidak memiliki riwayat bepergian keluar kota maupun negeri. Saat ini satu pasien tengah menjalani masa isolasi mandiri, dan satu pasien lainnya menjalani masa isolasi di rumah sakit.

"Setelah menerima hasil laboratorium, kami langsung melaksanakan tracing terhadap kontak erat. Pasien mengaku tidak memiliki riwayat perjalanan dan kontak erat hanya pada keluarga dalam satu rumah. Keduanya berada dalam kondisi membaik,"  ujar Allin Hendalin Mahdaniar, Kamis 2 November.

Seperti diketahui kasus pertama cacar monyet di Tangsel ditemukan pada pasien pria ber-KTP di Jawa Barat yang baru 10 bulan berdomisili di Kota Tangsel. Kemudian kasus kedua ditemukan pada pasien pria yang berdomisili dan ber-KTP Tangsel.

Kedua pasien yang terpapar virus cacar monyet memiliki gejala demam, ruam akut, nyeri otot, sakit punggung, kelelahan dan pembengkakan.

Upaya lain yang dilakukan Dinkes Tangsel adalah melakukan edukasi dan sosialisasi kepada tenaga kesehatan dan masyarakat dalam upaya pencegahan atau deteksi dini cacar monyet.