BKSDA Kembali Turunkan Petugas Padamkan Kebakaran Hutan di Gunung Papandayan
Petugas memadamkan kobaran api di kawasan Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (23/10/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

Bagikan:

GARUT - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) kembali menurunkan sejumlah petugas untuk memadamkan api yang membakar kawasan hutan di Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Kabupaten Garut Dodi Arisandi membenarkan adanya titik api yang kembali menyala, selanjutnya tim sebanyak 50 orang diturunkan untuk secepatnya mengatasi kebakaran tersebut agar tidak meluas.

"Kita lagi berusaha mengamankan titik api tersebut dan melakukan pemadaman secara tim lagi. Tadi saya keluarkan tim sekitar 50 orang untuk ke kawasan untuk mematikan api," kata Dodi dikutip ANTARA, Senin, 30 Oktober.

Dia menuturkan sejak kejadian kebakaran hutan di Gunung Papandayan pada 22 Oktober 2023, tim gabungan berupaya memadamkan api, yang akhirnya berhasil dipadamkan, selanjutnya dilakukan pengawasan.

Namun, kobaran api yang sudah dinyatakan padam pada sepekan lalu, kata dia, kembali menyala karena adanya bara api dari batang pohon yang terbakar sebelumnya lalu jatuh, sehingga terjadi kebakaran.

"Jadi ada memang bara api yang sekitar kemarin itu batang kayu yang diperkirakan lapuk, terus bara itu muncul, sehingga menimbulkan titik api baru," katanya.

Seluruh petugas gabungan itu berupaya memadamkan api, sekaligus memastikan tidak ada bara lagi yang dikhawatirkan bisa memicu kembali kebakaran di kawasan hutan konservasi itu.

"Sekarang mungkin pembersihan bara-bara tersebut," katanya.

Terkait lokasi kebakaran saat ini masih satu kawasan dari kejadian kebakaran hutan sebelumnya, hutan yang terbakar sebelumnya dihitung sekitar 250 hektare, dan untuk kali ini belum dihitung.