Relawan Mundur dari PDIP, Kode Bobby Nasution Dukung Prabowo-Gibran
Prabowo Subianto bersama Gibran Rakabuming Raka/DOK Instagram @prabowo)

Bagikan:

JAKARTA – Meski belum secara gamblang menyatakan dukungan pada salah satu bakal paslon, mundurnya relawan Bobby Nasution dari PDI Perjuangan dianggap sebagai gambaran dukungan menantu Presiden Joko Widodo itu di Pilpres 2024.

Pengamat politik USU, Indra Fauzan menyatakan, sikap relawan bisa dikatakan merupakan gambaran dari sikap Bobby yang tegak lurus kepada Jokowi. Apalagi, sosok relawan yang mengundurkan diri, yakni Hasanul Jihadi dan Muhammad Fadli Nasution merupakan aktor utama relawan Bobby Nasution.

“Jadi dari komunikasi politik juga sudah sangat terang sekali sikap dari tokoh-tokoh utama relawan Pak Bobby Nasution, selain itu juga kita bisa melihat rekam jejak dari kedua politikus ini mereka memang selalu menjadi aktor utama dalam politik politik pemenangan dan pergerakan politik relawan Bobby Nasution,” ujar Indra, Minggu 29 Oktober.

Menurut dia, sampai saat ini Bobby memang belum menyatakan sikap dengan tegas akan mendukung iparnya, Gibran atau mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md yang diusung oleh PDIP, karena masih tercatat sebagai kader PDIP.

Namun, masih menjaga etika politik sebagai kader PDIP, Bobby dinilai sudah melempar kode akan mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

“Jadi sinyal-sinyal atau kode-kode sudah disampaikan Bobby. Sekarang bagaimana masyarakat menilainya, gambarannya jelas posisi kehati-hatian dalam melempar statemen tentunya masih dikedepankan untuk menjaga etika berpolitik yang santun,” tutup Indra Fauzan.