Bagikan:

JAKARTA - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) memeriksa Ketua KPK Firli Bahuri dan empat pimpinan lainnya pada hari ini, Jumat, 27 Oktober.

Pemeriksaan berkaitan dengan dugaan pertemuan etik dalam pertemuan dengan eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

“Dijadwalkan hari ini, pagi sampe sore,” kata Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris kepada wartawan saat dikonfirmasi, Jumat, 27 Oktober.

Pemeriksaan dilakukan di Gedung ACLC KPK atau Gedung KPK yang lama di Jalan Rasuna Said, Jakarta. “Semua pimpinan KPK (diperiksa, red), termasuk Pak FB,” tegas Syamsuddin.

Diberitakan sebelumnya, Diberitakan sebelumnya, Firli dan Syahrul diduga bertemu di tengah pengusutan dugaan korupsi di Kementan setelah foto keduanya beredar. Belakangan, Komite Mahasiswa Peduli Hukum mengadu ke Dewan Pengawas KPK.

Adapun dalam kasus ini, Syahrul sudah ditahan terkait dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Ia diduga memeras pegawainya dengan mewajibkan membayar uang setoran setiap bulan dengan bantuan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat Pertanian Kementan Muhammad Hatta.

Nominal yang dipatok Syahrul dan harus disetorkan pegawai eselon I-II berkisar 4.000-10.000 dolar Amerika Serikat.

Uang yang dikumpulkan diyakini bukan hanya berasal realisasi anggaran Kementan digelembungkan atau mark-up melainkan dari vendor yang mengerjakan proyek. Pemberian uang dilakukan secara tunai, transfer maupun barang

KPK kemudian menduga uang yang diterima Syahrul digunakan untuk berbagai kepentingan pribadinya. Mulai dari umrah bersama pegawai Kementan lainnya, membeli mobil, memperbaiki rumah hingga mengalir ke Partai NasDem dengan nilai hingga miliaran rupiah.

Firli diketahui telah diperiksa Polda Metro Jaya terkait dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap SYL. Dugaan pemerasan itu kini dalam penyidikan Polda Metro Jaya.

Selain itu, Polda Metro Jaya telah menggeledah kediaman Firli Bahuri di Villa Galaxy, Bekasi dan di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis kemarin