Bagikan:

JAKARTA - Seorang wanita paruh baya pedagang keliling menangis histeris saat dirinya ditangkap sekuriti Taman Mini Indonesia Indah (TMII) lantaran kedapatan berjualan di dalam kawasan TMII, Jakarta Timur.

"Saya mau pulang pak, Allahu Akbar. Astaghfirullah (dagangan ini) punya orang. La Ilaha Illallah, saya mau pulang," ucap pedagang wanita tua berhijab itu.

Kendati telah memohon agar dirinya dilepas, namun sekuriti itu tetap menahan wanita berhijab tersebut.

"Jangan pak. Ini dagangan belum laku," ujarnya.

Kejadian itu direkam oleh kamera amatir. Terlihat wanita tua pedagang dengan tas ransel itu terus menangis agar dapat dilepas oleh sekuriti.

Menanggapi peristiwa ini, Dirut TMII, Claudia Ingkiriwang menyesalkan atas kejadian di video yang beredar luas antara petugas keamanan dari mitra outsourcing TMII dan pedagang tidak resmi.

Menurut Claudia, dalam video, petugas tersebut sedang melakukan penertiban kepada pedagang tidak resmi di area TMII pada tanggal 21 Oktober 2023.

"Namun sangat disayangkan, petugas tersebut bertindak tidak dengan semestinya. Kami sedang melakukan investigasi atas intensi dan motif dari petugas tersebut yang mengambil video atas aksinya sendiri serta menyebarkan luaskan video tersebut," kata Claudia, Rabu, 25 Oktober.

Claudia mengatakan, tindakan (sekuriti) itu tidak sesuai dengan SOP yang berlaku di kawasan TMII.

"Petugas tersebut telah mengakui kesalahan dan meminta maaf atas perilakunya kepada pedagang tidak resmi dimaksud," katanya.

Claudia mengatakan, kedua belah pihak telah membuat kesepakatan damai pada tanggal 22 Oktober 2023, kemarin.

"Manajemen TMII telah menyampaikan teguran kepada perusahaan penyedia jasa keamanan dan meminta pertanggungjawaban. Per tanggal 25 Oktober 2023, petugas tersebut sudah tidak bertugas di TMII," ujarnya.

Claudia berjanji akan melakukan evaluasi dan perbaikan layanan kedepannya demi menjaga keamanan pengunjung TMII.