Gagal Jadi Cawapres Ganjar, Sandiaga Masuk TPN Sebagai Dewan Pakar
Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno jadi pembicara rapat TPAKD se-Jateng di hotel Gumaya Semarang, Kamis 27 April. (Ist)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sandiaga Uno disebut telah masuk dalam Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden 2024. Sandiaga menjadi anggota TPN Ganjar usai gagal dicalonkan sebagai calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo.

Hal ini diungkapkan oleh Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono usai mendampingi Ganjar dan Mahfud MD sebagai pasangan capres-cawapres bersama pimpinan koalisi partai.

"(Sandiaga) masuk (dalam TPN Ganjar Presiden). Sebagai dewan pakar," kata Mardiono di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis, 19 Oktober.

Sandiaga diketahui tak ikut hadir mendamping Ganjar dan Mahfud mendaftar sebagai capres-cawapres di kantor KPU. Mardiono menjelaskan, Sandiaga saat ini sedang menghadiri acara partai.

"Ini (Sandiaga) lagi ada rapim di Ancol. Jadwalnya barengan. Tapi nanti selanjutnya ikut terus," ungkap Mardiono.

Sebelumnya, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mendorong agar Ketua Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sandiaga Uno masuk dalam Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden.

Hal itu dilakukan PPP setelah gagal menjadikan Sandi sebagai bakal cawapres bagi Ganjar. Pasalnya, koalisi pendukung Ganjar telah menetapkan Mahfud MD sebagai pendamping Ganjar pada Pilpres 2024.

“PPP memang mengusulkan bahwa Pak Sandi karena beliau ingin bersama-sama memenangkan Pak Ganjar, maka sebagai Ketua Bappilu Nasional PPP, beliau include atau masuk di TPN,” kata pria yang akrab disapa Awiek di Media Centre TPN Ganjar Presiden, Jakarta, Rabu 18 Oktober, disitat Antara.

Ia menegaskan, Sandiaga akan tetap bersama PPP untuk memenangkan Ganjar-Mahfud. Adapun mengenai posisi yang diusulkan untuk Sandi di TPN, ia mengatakan hal itu perlu didiskusikan di internal TPN Ganjar Pranowo.

Namun, dia menyebut Sandi memiliki keahlian dan basis massa yang bisa membantu pemenangan pasangan Ganjar-Mahfud.

“PPP berkeinginan untuk mengusulkan beliau masuk ke TPN, entah sebagai dewan pakar, pembina, atau apa pun namanya karena kemampuan Pak Sandi dalam aspek komunikasi dan komunitas beliau, kami butuhkan untuk bisa memenangkan Pak Ganjar dan Pak Mahfud MD,” tandas Awiek.