Gerindra Pastikan Usul Gibran Jadi Cawapres akan Dibahas Prabowo Bareng Koalisi
Prabowo Subianto/DOK Instagram @prabowo

Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menanggapi deklarasi relawan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) kepada Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden di Pemilu 2024 sekaligus mengusulkan agar Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai pendampingnya.

Muzani menganggap dukungan Samawi tersebut merupakan bentuk dukungan Presiden Jokowi.

"Nama Gibran itu muncul dalam deklarasi Samawi. Kesimpulannya (dalam rapat Samawi) mendukung pak Prabowo sebagai calon presiden 2024, karena pak Prabowo dianggap sebagai orang yang memiliki kemampuan, keseriusan, untuk melanjutkan garis perjuangan pak Jokowi. Akan tetapi samawi juga meminta kalau bisa calon wakil presidennya adalah mas Gibran," ujar Muzani di Jakarta Pusat, Senin, 9 Oktober.

"Saya anggapnya begitu (deklarasi Samawi) sebagai dukungan (Presiden Jokowi)," sambungnya.

Muzani mengatakan, Prabowo menghormati pikiran dan pandangan Samawi terkait Gibran. Namun kata dia, aspirasi Samawi tersebut harus dibicarakan bersama-sama dengan partai koalisi.

Menurutnya, seluruh nama bacawapres yang masuk dari berbagai komponen bangsa seperti dari tokoh, partai koalisi, relawan dan lainnya adalah orang-orang yang ingin berniat memajukan bangsa.

"Tentu saja supaya keputusan ini menjadi keputusan bersama, termasuk nama mas Gibran dan nama-nama lain nanti oleh pak Prabowo akan diajukan di atas meja untuk dibicarakan bersama-sama" terang Muzani.

 

Sebelumnya, Relawan Samawi mendeklarasikan dukungan untuk bacapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Ketua umum Samawi, Muhammad Nahdi, mengatakan dukungan itu diberikan dengan pertimbangan Prabowo yang berguru kepada Presiden Joko Widodo.

"Pak Prabowo, sebagaimana Bapak sering mengatakan, berguru kepada Pak Jokowi. Kebijakan dan bahkan kode-kode politik dari beliau sebagai acuan. Atas dasar pertimbangan itu, kami hari ini berada di sini untuk menyelaraskan persepsi, menggandeng tangan Bapak untuk terus maju dan berlaga dalam kontestasi pertarungan pemilihan pemimpin bangsa kita. Kami kaum sarungan tegak lurus bersama Pak Jokowi dan berijtihad mendukung Bapak," kata Nahdi dalam jumpa pers bersama Prabowo di kediaman Prabowo Subianto, Kertanegara 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu, 7 Oktober.

Samawi berharap Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan menjadi cawapres pendamping Prabowo. Nahdi menyebut Prabowo dan Gibran akan menjadi pasangan yang tepat dalam memimpin Indonesia.

"Kami berharap Pak prabowo menggandeng Mas Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presidennya Pak Prabowo jika nanti Mahkamah Konstitusi mengabulkan gugatan atas batas minimal usia capres dan cawapres. Kami yakin pasangan ini akan menjadi dwitunggal yang saling menguatkan Pak Prabowo yang dedikatif dan tegas dengan Mas Gibran yang inovatif dan mengerti kebutuhan generasinya," ujarnya.