Survei Indikator: Tingkat Kepuasan Masyarakat atas Kinerja Jokowi Menurun
Presiden Jokowi (Tangkapan layar Youtube Setpres)

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei mengenai tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo. 

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi menjelaskan terjadi penurunan tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi.

Pada bulan Februari 2021, tingkat kepuasan Jokowi sebesar 62,9 persen. Angka ini menurun dari bulan September 2020 sebesar 68,3 persen. Bahkan, tingkat kepuasan pada bulan ini paling rendah sejak bulan Juni 2016.

"Meskipun tidak terlalu signifikan, tapi tingkat kepuasan terhadap Presiden lumayan turun dari 68,3 persen jadi 62,9 persen," kata Burhanuddin dalam pemaparan survei secara virtual, Senin, 8 Februari.

Meski mengalami penurunan, namun masyarakat yang loyal kepada Jokowi masih banyak selama tiga tahun terakhir yang selalu di atas 50 persen dari total responden. Hanya saja, kepuasan sebagian partisan Jokowi mengalami penurunan. 

Burhanuddin menyebut, para pendukung Jokowi dalam Pilpres 219 cenderung puas terhadap kinerja presiden, tapi pendukung Prabowo Subianto cenderung tidak puas, meskipun Prabowo sudah menjadi bagian pemerintah.

"Kalau hal ini tidak diantisipasi oleh Presiden, itu bisa jadi alarm karena sebagian dari pendukung loyalnya sudah mulai bergeser," ujarnya.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada periode 1 sampai 3 Februari 2021. Survei dilakukan melalui wawancara via telepon kepada 1.200 responden yang dipilih secara acak dari sampel responden pada surgen sejak tahun 2018.

Adapun margin of error survei ini diperkirakan sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen.