Bagikan:

BANDUNG - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Dudung Abdurachman, memberikan pesan penting kepada 3.700 mahasiswa baru Universitas Pasundan dalam menghadapi Era Disrupsi yang ditandai oleh perubahan yang sulit ditebak dan penggunaan teknologi sebagai kekuatan utama.

Dalam orasi ilmiahnya di Gedung Sabuga, Bandung, Jawa Barat, Senin 2 Oktober, Kasad menggarisbawahi pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah perubahan ini.

Kata dia, salah satu perubahan yang terjadi pada era Disrupsi adalah perubahan generasi.

"Generasi saat ini (Generasi Z) cenderung aktif berinteraksi di dunia maya, penguasaan teknologinya tinggi, kritis, namun menginginkan sesuatu yang instan dan karakternya mudah menyerah. Berbeda dengan zaman dahulu, yang semuanya membutuhkan kerja keras," ujar Kasad

Kasad juga menyoroti fakta bahwa dari 215,6 juta pengguna internet di Indonesia saat ini, sekitar 142 juta di antaranya adalah Generasi Y dan Generasi Z.

Penggunaan media sosial oleh kedua generasi ini membawa risiko, terutama ketika media sosial digunakan untuk provokasi, penyebaran isu SARA, berita palsu (hoax), dan ajang adu domba. Kasad menekankan bahwa ini berbahaya tanpa budaya literasi yang memadai, karena dapat memicu konflik komunal.

"Ini penting saya sampaikan kepada para mahasiswa, karena memang persatuan dan kesatuan tetap harus kita pelihara, agar kita tak terpecah belah," paparnya.

Ia menyebut, melalui sejarah perjuangan bangsa, dapat dipahami bahwa bangsa ini berdiri berkat perjuangan. Kebhinekaan sebagai fondasinya, persatuan dan kesatuan sebagai tiangnya, dan NKRI sebagai atapnya.

Orasi Ilmiah Kasad menjadi bagian dari sidang terbuka Senat Universitas Pasundan dalam rangka peresmian mahasiswa baru Universitas Pasundan dan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2023/2024.

Selain itu, Kasad juga menerima penghargaan Sinatria Abhitah Praditya (Kesatria yang Pemberani dan Cerdas) yang diserahkan oleh Rektor Universitas Pasundan Eddy Jusuf didampingi Ketua Umum PB Pasundan dan Ketua YPT Pasundan.