Da'vian Kimbrough, Pemain Termuda di Amerika Utara Jalani Debut Profesional di Sacramento Republic
Penyerang  Sacramento Republic, Da'vian Kimbrough, mencatatkan dirinya sebagai pemain sepak bola Amerika Utara termuda (foto: twitter @usmntonly)

Bagikan:

JAKARTA - Penyerang  Sacramento Republic, Da'vian Kimbrough, mencatatkan dirinya sebagai pemain sepak bola Amerika Utara termuda yang membuat debut profesional. Ia membuat pencapaian ini pada usia 13 tahun, 7 bulan, dan 13 hari, saat tampil pada menit ke-87 dalam kemenangan timnya 2-0 melawan Las Vegas Lights pada  Minggu, 1 Oktober.

Kimbrough, yang telah bergabung dengan akademi Republic sejak tahun 2021, menandatangani kontrak tim utama  klub tersebut pada bulan Agustus. Hal ini menjadikannya pemain Amerika termuda yang menyetujui kontrak profesional. Sebelumnya, ia telah masuk dalam skuad pertandingan tim utama dalam satu kesempatan.

Pemain termuda yang sebelumnya tampil di USL Championship adalah Axel Kei, yang bermain untuk Real Monarchs - tim kedua klub MLS Real Salt Lake - pada tahun 2021. Saat itu  usianya adalah 13 tahun, 9 bulan, dan 9 hari.

Sedangkan pemain sepak bola Amerika termuda yang membuat debut di tim utama adalah Freddy Adu, yang melakukannya untuk D.C. United pada usia 14 tahun, 10 bulan, dan 1 hari pada tahun 2004.

Alphonso Davies, bek kiri Bayern Munich, juga memegang rekor USL Championship sebagai pencetak gol termuda, yang ia capai pada usia 15 tahun, 6 bulan, dan 13 hari.

Kimbrough, seorang pemain depan berpostur 181 cm yang berasal dari Woodland, California, memiliki kewarganegaraan ganda, dengan kelayakan sebagai pemain Meksiko. Ia baru-baru ini mengikuti pemusatan latihan Meksiko U-16.

Dengan dua pertandingan tersisa dalam musim reguler, Sacramento saat ini menduduki posisi pertama dalam klasemen USL Championship Wilayah Barat (58 poin), unggul tiga poin dari San Antonio FC.