Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah akan melanjutkan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk masyarakat hingga pertengahan Oktober 2023. Selama masa uji coba ini, masyarakat bisa menjajal transportasi pertama di Indonesia ini secara gratis.

Pertimbangan keputusan uji coba gratis dilanjutkan ini karena masih banyak masyarakat yang ingin mengikuti uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung secara gratis.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan masyarakat yang ingin menjajal kereta cepat dapat mengunjungi situs resmi KCIC di kcic.co.id untuk mendaftar.

“Tiketnya nanti bisa dicek di situs kcc.co.id sehingga masyarakat bisa langsung memesan mana rute dan jadwal yang diinginkan dan yang masih tersedia,”kata Emir di Stasiun Halim, Jakarta, Senin, 2 Oktober.

Kata Emir, pada program uji coba ini KCIC akan menyiapkan delapn perjalanan. Terdiri dari empat perjalanan dari Stasiun Halim-Tegalluar dan empat perjalanan dari Stasiun Tegalluar-Halim.

“Setelah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, KCIC akan mengoperasikan Kereta Cepat Whoosh dengan program gratis untuk 8 perjalanan, yaitu 4 perjalanan dari Halim dan 4 perjalanan dari Tegalluar,” ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah telah memutuskan untuk melanjutkan uji coba gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) untuk masyarakat hingga pertengahan Oktober 2023.

“Uji coba gratis KCJB maka kami bersepakat hingga pertengahan Oktober,” ujarnya dalam acara peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Halim, Senin, 2 Oktober.

Luhut menjelaskan pertimbangan keputusan uji coba gratis ini dilakukan lantaran masih banyak masyarakat yang ingin mengikuti uji coba secara gratis.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan perpanjangan masa uji coba ini agar masyarakat bisa langsung merasakan kereta cepat pertama di Indonesia.

“Masyarakat diajak untuk langsung merasakan sendiri kemanfaatannya Kereta Cepat Jakarta Bandung. Tentunya semua berjalan aman dan nyaman berkat keandalan sistem yang telah teruji,” tuturnya.