Pembukaan Pendaftaran Uji Coba Kereta Cepat Jilid 2, Siap-siap War Tiket!
Kereta Api Cepat Indonesia China/ Foto: IST

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pendaftaran uji coba kereta cepat jilid 2 bakal segera dibuka oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Kegiatan uji coba operasional ini dilakukan untuk memberi kesempatan kepada masyarakat merasakan pengalaman naik kereta api dengan kecepatan mencapai 350 km per jam. 

PT KCIC melakukan uji coba operasional kereta cepat Jakarta-Bandung dan membukanya secara gratis kepada masyarakat. Program uji coba ini dilakukan dalam beberapa sesi atau jilid hingga 30 September 2023.

Ternyata datang antusiasme yang tinggi dari masyarakat yang ingin mencoba menumpang kereta cepat pertama di Indonesia. 

Uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung tahap pertama untuk perjalanan 18-24 September 2023 bahkan nyaris sold out. Eva Chairunisa, Corporate Secretary KCIC, mengungkapkan bahwa tiket yang dipesan telah mencapai 98 persen. Lantas kapan pendaftaran uji coba kereta cepat jilid 2 dibuka oleh PT KCIC?

Pendaftaran Uji Coba Kereta Cepat Jilid 2

Untuk bisa mendapatkan tiket uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung, masyarakat harus war tiket mengingat tingginya animo yang ingin merasakan naik transportasi ini. Apalagi tiket uji coba kereta cepat ini dibuka secara gratis. 

Bagi yang belum beruntung mendapatkan tiket uji coba kereta cepat tahap pertama, masyarakat bisa mengikuti pendaftaran untuk uji coba tahap 2. Pendaftaran uji coba kereta cepat akan dibuka pada 24 September. Kereta ini akan diberangkatkan pada 25-30 September 2023. 

Masyarakat diimbau untuk sigap melakukan pendaftaran uji coba kereta cepat, sebab kuota yang disediakan terbatas. PT KCIC hanya menyediakan sebanyak 500 tempat duduk untuk setiap perjalanan KA cepat. 

Syarat dan Cara Pendaftaran Uji Coba Kereta Cepat

Pendaftaran uji coba gratis kereta cepat dibuka oleh PT KCIC secara bertahap. Pendaftaran untuk tahap I dibuka pada 17 September 2023 dengan jadwal keberangkatan 18-24 September 2023. Sementara pendaftaran tahap II dibuka pada 24 September dengan keberangkatan 25-30 September 2023. 

Masyarakat yang ingin mendaftar untuk mengikuti uji coba KA cepat bisa mengakses laman: https://www.ayonaik.kcic.co.id. Setelah pendaftaran dilakukan, calon penumpang akan menerima email sebagai bukti pendaftaran. 

Berikut ini syarat pendaftaran uji coba kereta cepat:

  • Satu pendaftar bisa memesan tiket untuk maksimal dua penumpang. 
  • Satu NIK hanya bisa digunakan untuk pemesanan satu kali selama masa uji coba. 
  • Pemesan wajib mengisi data diri dan memilih jadwal keberangkatan, serta menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.  
  • Perjalanan KA cepat berlaku untuk pulang-pergi (PP) dan wajib mengikuti sesuai jadwal KA, serta pada hari H perjalanan. 
  • Calon penumpang wajib melakukan verifikasi kepada petugas KCIC dengan menunjukkan bukti pendaftaran dan kartu identitas.

Jadwal Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Pada uji coba kereta cepat dengan kuota penumpang terbatas, setiap harinya KCIC menyediakan empat jadwal perjalanan pulang pergi (PP). Jadi totalnya ada delapan kali perjalanan KA yang beroperasi setiap harinya selama masa uji coba dari tanggal 18-30 September.

Dari empat jadwal yang tersedia, dua di antaranya berangkat dari Stasiun Halim (Jakarta Timur) dan dua lainnya keberangkatan Stasiun Tegalluar (Kabupaten Bandung). Lantas kapan waktu keberangkatan uji coba KA cepat?

  • Waktu keberangkatan untuk relasi Stasiun Halim-Tegalluar PP, yakni pada pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB 
  • Waktu keberangkatan untuk relasi Stasiun Tegalluar-Halim PP, yakni pada pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB. 

"Bagi masyarakat yang sudah mendaftar agar perhatikan kembali jadwal perjalanan yang sudah pilih serta datang selambatnya 1 jam sebelum jadwal keberangkatan serta persiapkan dengan baik identitas dan bukti pemesanan untuk memperlancar proses verifikasi di stasiun," ucap Eva Chairunisa.

Demikianlah informasi pendaftaran uji coba kereta cepat jilid 2. Bagi Anda yang belum berhasil mendapatkan tiket untuk uji coba tahap pertama, silakan bersiap mengikuti pendaftaran tahap kedua. PT KCIC mengungkapkan terima kasih atas antusiasme masyarakat yang begitu tinggi dalam mendukung beroperasinya KA cepat Jakarta-Bandung. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.