Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan Ganjar Pranowo sedang melakukan penugasan lain bersama Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

Calon presiden (capres) itu kemungkinan absen saat penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP pada hari ini, Minggu, 1 Oktober.

“Pak Ganjar ada penugasan untuk bersama denhan Pak OSO,” kata Hasto kepada wartawan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu, 1 Oktober.

Meski absen, Ganjar disebut sudah memberikan masukan terkait hal strategis dalam kegiatan tersebut.

Diketahui, eks Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu terlihat di lokasi Rakernas IV selama dua hari pada Jumat, 29 September dan Sabtu, 30 September.

“Jadi beliau juga sudah memberikan masukan-masukan terkait dengan beberapa hal yang sifatnya sangat strategis,” tegasnya.

Adapun dalam penutupan Rakernas IV PDIP, Hasto bilang, seluruh kader partai bakal hadir.

“Dimulai dari anak ranting, ranting, PAC, DPC, dan DPD hingga DPP,” ujar Hasto.

Nantinya, dalam penutupan tersebut bakal dibacakan rekomendasi internal lebih dulu secara tertutup.

Sedangkan yang eksternal akan disampaikan secara terbuka.

“Nanti pembacaan rekomendasi eksternal itu tamunya adalah seluruh anggota dan kader PDIP di seluruh Indonesia yang mengikuti secara daring. Itu tamu paling spesial,” jelas Hasto.

Diberitakan sebelumnya, PDIP menggelar Rakernas IV selama tiga hari mulai 29 September-1 Oktober.

Kegiatan itu mengambil tema 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan sub tema 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'.

Pemilihan tema ini ditegaskan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bukan karena akan berlangsungnya Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Megawati mengatakan, partainya memang fokus pada masalah pangan agar Indonesia bisa berdaulat dan berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari.