PDIP Bakal Luncurkan Program Megawati Fellowship di Hari Terakhir Rakernas IV
Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (Foto: Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) akan menutup Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV pada hari ini, Minggu, 1 Oktober.

Ada sejumlah program yang bakal diluncurkan, salah satunya Megawati Fellowship.

"Di dalam penutupan akan diluncurkan Megawati Fellowship. Karena partai harus bersekutu dengan ilmu pengetahuan," kata Hasto kepada wartawan di JIExpo Kemayoran, Jakarta yang dikutip Minggu, 1 Oktober.

"Jadi partai harus memelopori riset dan inovasi, partai harus mengimplementasikan seluruh konsepsi ideologisnya yang disempurnakan dalam visi teknis oleh presiden, teknokratisnya tetapi bagi partai akan menjadi gerakan," sambungnya.

Hasto menyebut beasiswa ini diluncurkan untuk anak bangsa dengan syarat yang ditentukan. Dia memastikan program ini dibuat untuk menunjukkan PDIP tak selalu berpikir tentang politik praktis di tengah kontestasi pemilihan umum (pemilu).

Selain meluncurkan program, Rakernas IV PDIP bakal ditutup dengan membacakan rekomendasi dari rapat internal pada Sabtu, 30 September. Isinya, disebut Hasto, akan berkaitan dengan gerakan kedaulatan pangan yang menjadi tema kegiatan.

"Jadi gerakan kedaulatan pangan tertarik mengonsumsi makanan yang bisa diproduksi oleh petani. Itu akan menjadi bagian dari keputusan-keputusan rekomendasi Rakernas," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, PDIP menggelar Rakernas IV selama tiga hari mulai 29 September-1 Oktober. Kegiatan itu mengambil tema 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan sub tema 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'.

Pemilihan tema ini ditegaskan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bukan karena akan berlangsungnya Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Katanya, partainya memang fokus pada masalah pangan agar Indonesia bisa berdaulat dan berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari.