Usut Penembakan Pos Distrik Aroba Papua Barat, Satgas TNI Amankan 1 Simpatisan KST
Ilustrasi (Foto: Antara)

Bagikan:

PAPUA - Satuan Tugas (Satgas) TNI menangkap Pamtas Kewilayahan Yonif 407/PK berhasil menangkap Marthen Iba yang merupakan simpatisan Kelompok Separatis Teroris (KST) Papua Barat.

Penangkapan ini hasil sweeping yang dilakukan oleh TNI beserta aparat Kepolisian setempat, setelah sebelumnya terjadi serangan terhadap Pos TNI di Aroba Teluk Bintuni, Papua Barat, Minggu, 24 September.

“Dapat diamankan satu orang atas nama Marthen Iba sebagai simpatisan KST,” kata Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kapen Kogabwilhan) III Kol Czi Ign Suriastawa dalam keterangannya, Minggu, 24 September.

Selain mengamankan simpatisan KST, pihaknya juga mendapati barang bukti tiga pucuk senjata rakitan, 8 unit handpone, satu tas hingga kartu anggota TPN Palua Barat atas nama Marthen Iba dengan jabatan Staf Operasi.

“(Selain itu diamankan juga) sejumlah barang bukti 3 pucuk senjata rakitan, KTP a.n Marthen Iba, Kartu Anggota TPN Papua Barat atas nama Marthen Iba dengan jabatan Staf Operasi, 8 HP, 2 buah Kartu Perdana Telkomsel dan 1 buah Tas,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui sebelumya, telah terjadi aksi penembakan sebanyak 8 kali dalam dua kali gangguan dari orang tidak dikenal (OTK) terhadap Pos TNI di Distrik Aroba Teluk Bintuni, Papua Barar. Diketahui, masing-masing empat kali tembakan dalam gangguan tersebut pada Jumat, 22 September, sekira pukul 19.00 hingga pukul 19.25 WIT.

“Laporan dari anggota di lapangan, terjadi gangguan terhadap Pos Aroba dari OTK sebanyak dua kali dengan total sebanyak delapan kali tembakan, namun tidak ada korban, anggota aman,” kata Dansatgas Yonif 407/PK Letkol Inf Hermawan Setya Budi.

Atas dasar itu Dansatgas 407/PK memerintahkan Danpos Kamundan, Danpos Aroba, Danpos Sumuri dan Danpos Tomage untuk meningkatkan siaga dan melaksanakan patroli perimeter seputaran pos, kios-kios yang menjual bahan makanan ke OTK.

“(Kemudian) sweeping seputaran Pelabuhan yang dilakukan bersama pihak Kepolisian Polsek Baboo Polres Bintuni dan kegiatan yang dilaksanakan yaitu penyisiran Kampung Air Terjun serta patroli di pinggir pantai gunakan Long Boat,” katanya.