Bagikan:

SULTRA - Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau memberikan bimbingan teknis (bimtek) lebih 1.000 anggota perlindungan masyarakat (linmas) atau satpam kecamatan dan kelurahan yang akan bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024.

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengatakan, bimtek ini dalam rangka kesiapan pelaksanaan Pemilu 2024 yang meliputi Pilkda dan Pilpres.

"Karena peran yang strategis tersebut maka peningkatan kapasitas anggota linmas perlu kita dilaksanakan, sehingga setiap anggota Linmas dapat menjalankan perannya dengan baik dan sepenuh hati," ujar Ahmad dalam keterangan tertulis, di Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa 12 September, disitat Antara.

Ia menjelaskan, salah satu peran penting anggota linmas pada Pemilu 2024 adalah membantu dalam menjaga keamanan dan ketertiban di TPS. Selain itu, pendistribusian logistik Pemilu 2024 juga merupakan bagian tak terpisahkan dari peran anggota linmas.

Menurut Ahmad, tanpa adanya jaminan rasa aman dan tenteram di TPS tentu saja akan mempengaruhi keinginan masyarakat menggunakan hak pilihnya, yang mana akan sangat merugikan bagi kita semua.

Di samping itu, kata Ahmad, proses Pemilu 2024 yang berlangsung lama, terkadang menimbulkan kondisi-kondisi tertentu di lingkungan dan bahkan berdampak pada terjadinya konflik.

Dia bilang, anggota linmas memainkan peran dalam menjaga lingkungannya agar selalu dalam keadaan kondusif dan jauh dari konflik selama pelaksanaan tahapan Pemilu 2024.

Untuk itu, kata dia, setiap anggota linmas perlu mengupgrade kembali pengetahuannya tentang pesta demokrasi agar dapat memahami tugas dan fungsinya dengan baik dan posisinya saat pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 mulai dari kampanye, pencoblosan hingga perhitungan suara.

Sementara itu, Kepalan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Baubau LM.Takdir mengatakan, bimtek tersebut menghadirkan narasumber dari KPU, Bawaslu, Polres Baubau, Kodim 1413 Buton serta Satpol PP Baubau.

Nantinya, kata Takdir, tiap TPS akan di siagkan dua anggota linmas dengan jumlah keseluruhan TPS di Baubau sebanyak 449 titik. Dengan demikian, total anggota linmas berjaga di TPS sebanyak 898 orang serta ditambah anggota linmas Kecamatan sehingga total ke selurahan anggota linmas di Baubau kurang lebih 1.000 orang.