Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara kawal penghitungan suara Pemilu 2024 ternyata bisa dilakukan secara online. Masyarakat bisa mengawal perhitungan suara melalui sejumlah platform, mulai dari Kawal Pemilu hingga Jaga Pemilu.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar pemungutan suara Pemilu 2024 secara serentak pada Rabu, 14 Februari.

Kini tahapan Pemilu sudah menginjak masa rekapitulasi setelah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melakukan penghitungan suara di TPS pada 14-15 Februari.

Tahapan rekapitulasi penghitungan suara dimulai sejak 15 Februari dan akan berakhir pada 20 Maret mendatang. Pada tahapan ini, masyarakat bisa ikut mengawal perhitungan suara secara online melalui beberapa platform yang tersedia.

Usaha mengawal suara pemilu sangat penting dilakukan agar masyarakat bisa mengawasi potensi kecurangan yang terjadi.

Jika masyarakat menemukan dugaan kecurangan selama proses Pemilu 2024, maka bisa menunjukkan bukti dengan foto atau rekaman kemudian melaporkannya.

Lantas, bagaimana cara kawal penghitungan suara Pemilu 2024? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Kawal Penghitungan Suara Pemilu 2024

Di atas telah disinggung bahwa cara kawal penghitungan suara Pemilu 2024 dapat dilakukan secara online melalui sejumlah platform.

Adapun platform yang memungkinkan masyarakat untuk memantau hasil perolehan suara masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden yakni Kawal Pemilu, Warga Jaga Suara hingga Jaga Pemilu.

Berikut ini adalah cara kawal penghitungan suara pemilu 2024 secara online melalui berbagai macam platform yang tersedia.  

1. Cara kawal penghitungan suara Pemilu 2024 melalui situs Kawal Pemilu

Kawal Pemilu merupakan platfrom yang memungkinkan masyarakat untuk mengunggah potret hasil pemilihan presiden atau formulir C-Hasil-PPWP di TPS masing-masing.

Ini artinya, masyarakat dapat memantau dan mengawal suara perolehan masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden setelah penghitungan surat suara di TPS.

Petugas yang mempunyai form C-PPWP bisa mengunggah hasil penghitungan suara presiden dan wakil presiden dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka browser Anda, dan kunjungi laman Kawal Pemilu 2024 di https://kawalpemilu.org/
  • Untuk mengunggah, klik salah satu kota/kabupaten.
  • Piliha daerah Anda bertugas.
  • Cari TPS di kolom “cari”.
  • Bila sudah menemukan TPS tempat Anda bertugas, unggah form C hasil Pemilu di kolom “unggah foto”.
  • Pihak KawalPemilu akan me-review foto, hasil suara, serta lokasi TPS yang diunggah.

Sementara bagi masyarakat yang ingin mengecek form C hasil Pemilu 2024 lewat situs Kawal Pemilu dapat mengikuti tahapan-tahan berikut ini:

  • Buka laman Kawal Pemilu 2024 di https://kawalpemilu.org/
  • Untuk melihat surat suara yang diunggah, klik salah satu kota/kabupaten.
  • Berikutnya, pilih daerah yang ingin Anda lihat.
  • Cari TPS di kolom “cari”.
  • Bila sudah ada yang mengunggah form C hasil Pemilu 2024, maka di samping fitur “unggah foto” akan ditampilkan foto dokumen.
  • Klik foto untuk melihat form C hasil pemilu 2024.

2. Cara kawal penghitungan suara Pemilu 2024 melalui platform Warga Jaga Suara

Platform lain yang dapat digunakan untuk mengawal hasil pemilu yakni Warga Jaga Suara. Platform ini hadir dalam format aplikasi di ponsel Android.

Melalui aplikasi Warga Jaga Suara, masyarakat bisa melaporkan hasil suara di TPS dan melaporkan pelanggaran pemilu.

Plaform ini memiliki fitur yang beragam, mulai dari laporan suara, pelaporan pelanggaran, hingga Saya Bersuara dan upload Foto C1 Plano PPWP.

3. Cara kawal penghitungan suara Pemilu 2024 melalui situs Jaga Pemilu

Cara kawal penghitungan suara Pemilu 2024 juga bisa dilakukan melalui situs Jaga Pemilu.

Lewat situs ini, masyarakat dapat mengunggah form C-PPWp untuk penghitungan suara setelah sebelumnya mendaftar untuk menjadi relawan di situs jagapemilu.com.

Tak hanya itu, situs ini juga menyediakan kanal laporan untuk dugaan pelanggaran pemilu. Masing-masing orang bisa membuat laporan, mulai dari pelanggaran konten kampanye, cara kampanye, hingga dugaan provokasi.

Demikian informasi tentang cara kawal penghitungan suara Pemilu 2024. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.