NasDem dan PKB Kunjungi PKS Siang Ini, Majelis Syuro Bakal Kasih Restu ke Cak Imin?
Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid (dok PKS)

Bagikan:

JAKARTA - Pimpinan DPP PKS akan menerima jajaran Pimpinan DPP Partai NasDem dan DPP PKB di kantor DPTP PKS di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa, 12 September. Pertemuan yang disebut untuk meminta dukungan PKS itu rencananya akan dimulai pada pukul 11.30 WIB.

Apakah akan ada restu dari Majelis Syura PKS untuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias pasangan Amin?

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid, menegaskan partainya konsisten dengan keputusan Majelis Syura untuk tetap mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan pada Pilpres 2024.

HNW, sapaannya, memahami harapan Partai NasDem yang meminta PKS agar segera memutuskan dukungan kepada Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar sebagai bacawapres dari Anies Baswedan.

"Tentu PKS sangat mafhum. Apalagi sejak awal sekali, bahkan sejak Pilgub 2017, PKS sudah mendukung Anies Baswedan dan di antara partai-partai di koalisi perubahan untuk persatuan, PKS adalah peraih suara terbanyak pada Pemilu 2019 di tiga wilayah strategis, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten," kata Hidayat kepada wartawan, Senin, 11 September, malam. .

"Sehingga sangat wajar apabila Bacapres Anies Baswedan, NasDem dan PKB sangat berharap agar bisa menang, dengan PKB kuat di Jatim dan Jateng, tapi juga dengan PKS yang kuat di Jabar, Jakarta dan Banten. Maka wajar diharap PKS tetap berada di Koalisi Perubahan untuk Persatuan ini," Sambungnya.

"Apalagi Ketum PKB juga mengungkit kenangan sukses dalam koalisi antara PKB dan PKS yang memenangi 40-50 pilkada di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

HNW memastikan, tidak lama lagi Majelis Syura PKS akan bermusyawarah untuk menguatkan koalisi dengan memutuskan sikap terhadap usulan Cak Imin sebagai bacawapres untuk Anies Baswedan.

HNW berharap, Pemilu 2024 berlangsung jujur dan adil. Dia juga berharap Koalisi Perubahan untuk Persatuan bisa mewujudkan cita-cita bangsa yang ada dalam pembukaan UUD 1045.  

“Cita-cita dan tujuan nasional ini-lah yang harus menjadi acuan bagi setiap koalisi dan kandidat, baik untuk pemilu legislatif atau pun pilpres, bukan hanya melalui janji kampanye dan rencana program yang akan diusungnya kelak, tetapi juga melalui rekam jejak dan kampanye kinerjanya," kata wakil ketua MPR itu.

HNW meyakini, Anies Baswedan sudah sangat memahami cita-cita dan tujuan nasional bangsa dan negara Indonesia, serta cara bagaimana mencapai tujuan tersebut.

"Dan PKS berharap bacawapres-nya akan dapat membantu mewujudkan komitmen dan cita-cita luhur tersebut. Itulah karenanya PKS tetap konsisten dengan Keputusan-keputusan Majelis Syura soal bacapres maupun bacawapres,” pungkasnya.

Terkait