Pesawat A380 Emirates Berhasil Mendarat di Prancis Meski Ada Kerusakan pada Sayap, Kru dan Penumpang Selamat
Ilustrasi armada A380 Emirates. (Sumber: Emirates)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah pesawat maskapai penerbangan Emirates berhasil melakukan pendaratan di Prancis, setelah mengalami kerusakan pada sayap kanan.

Maskapai ini mengonfirmasi kerusakan pada sayap pesawat Airbus A380 tersebut ditemukan oleh para teknisi, setelah mendarat di Bandara Nice, Prancis pada Hari Jumat.

Pihak Emirates mengatakan penerbangan dari Dubai, Uni Emirat Arab tersebut telah "mendarat dengan normal" sementara para penumpang dan kru meninggalkan pesawat dengan selamat.

"Emirates dapat mengonfirmasi bahwa penerbangan EK77 mendarat dengan normal dan para penumpang serta awak pesawat turun dengan selamat," kata seorang perwakilan Emirates, melansir The National News 22 Agustus.

"Saat mendarat, para teknisi menemukan beberapa kerusakan pada bilah di sayap kanan, dan pesawat akan tetap berada di darat untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut," sambung perwakilan itu.

"Keselamatan adalah prioritas utama kami dan tidak akan dikompromikan," tandasnya.

Terkait peristiwa tersebut, otoritas penerbangan Prancis melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebabnya.

Diketahui, kerusakan pada pesawat selama penerbangan jarang terjadi. Pada Juni 2022, sebuah pesawat Emirates tujuan Brisbane mendarat dengan selamat, setelah sebuah ban pecah dan membuat lubang di kulit luar pesawat.

Ketika itu, pihak maskapai mengatakan semua penumpang turun sesuai jadwal dari penerbangan Emirates EK430 itu.

Media Australia menunjukkan foto-foto pesawat yang berlubang di bagian sisinya dan melaporkan sebuah ban pecah saat lepas landas.

Pada Bulan April, sebuah pesawat maskapai flydubai melanjutkan penerbangan sesuai jadwal, setelah ditabrak burung saat lepas landas di Nepal.