Aksi Pemuda Tangerang Panjat Tiang 50 Meter Demi Ambil Tali Bendera yang Putus
Aksi heroik dilakukan Zani Abdillah (22) yang memanjat tiang bendera ketinggian 12 meter. (foto: dok. istimewa)

Bagikan:

TANGERANG - Aksi heroik dilakukan Zani Abdillah (22) yang memanjat tiang bendera ketinggian 12 meter. Hal ini terjadi karena tali tiang bendera saat pengibaran merah putih terputus.

“Engga ada yang naik, engga ada yang maju. Saya sih inisiatif untuk manjat ngambil talinya,” kata Zani kepada wartawan di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Kamis, 17 Agustus.

Zani saat upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 sedang bertugas di lokasi lapangan upacara. Dia bekerja menjadi petugas soundsystem.

Saat itu seluruh peserta upacara terkesima. Tali bendera mendadak putus. Upacara pengibaran bendera sempat berhenti sesaat. Zani yang berada di bawah tenda langsung berlari. Jarak tenda soundsystem dengan tiang bendera sekitar 50 meter.

Zani langsung merayap naik tiang bendera tetap pakai alas kaki. Meski banyak orang teriak agar sepatunya dilepas tak digubris. Pemuda itu terus naik sampai ke pucuk tiang. Sementara hembusan angin cukup kencang tak menggugurkan niatnya.

Tentara berseragam dibantu pegawai Kecamatan Ciputat memegangi tiang bendera di bagian bawah. Tali tiang bendera yang putus selanjutnya dipasang kembali oleh petugas pasukan pengibar bendera merah putih.

Zani kemudian turun merosot ke bawah. Aksinya mirip seekor cicak yang sedang memanjat tiang bendera.

Upacara pengibaran bendera merah putih pun dapat dilanjutkan lagi. “Saya tarik ke bawah, saya kasih ke Paskibra, udah disitu langsung disambung,” ucapnya.