Bendara Merah Putih Raksasa Dibentangkan di Depan Museum Sumpah Pemuda
Bendera merah putih raksasa yang dibawa dalam aksi 28 Oktober (Rizky Sulistio/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Memperingati Tahun ke-93 Sumpah Pemuda, upacara bendera dilaksanakan berbagai elemen masyarakat di halaman gedung Museum Sumpah Pemuda, di Jalan Kramat Raya No. 106, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Kemudian dilakukan pembentangan bendera merah putih seluas 50×30 meter oleh massa di depan Museum Sumpah Pemuda sepanjang Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Aksi tersebut dilakukan oleh sekitar 150 massa yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) dan masyarakat sepakbola Indonesia.

"Massa gabungan dari seluruh elemen bangsa, dalam momen Sumpah Pemuda kali ini mengajak seluruh bangsa untuk kembali bersatu dan merajut kembali Merah Putih," kata Kepala Bidang Media Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Marcelus Hakim kepada wartawan di lokasi, Kamis 28 Oktober.

Menurut dia, kegiatan yang spontanitas dilakukan itu merupakan inisiasi agar seluruh elemen bangsa bisa bersatu dan melupakan sejenak polemik Negara dalam Peringatan Tahun ke-93 Sumpah Pemuda.

Hakim menjelaskan bahwa massa gabungan tidak berniat mengganggu jalannya arus lalu lintas di lokasi. Petugas Satlantas Polres Jakpus tetap mengatur jalannya kendaraan agar pengendara bisa melewati bentangan bendera raksasa itu.