Bagikan:

BOYOLALI – Seorang anggota kepolisian sektor (Polsek) Juwangi, Boyolali, Jawa Tengah memanjat tiang bendera pada saat upacara Hari Kemerdekaan ke-78 RI digelar di lapangan Juwangi, Kamis 17 Agustus, pukul 09.45 WIB.

Kapolsek Juwangi AKP Kuntadi Wijanarko menjelaskan bahwa insiden itu terjadi karena tali bendera terlepas pada saat pengibaran bendera.

Berdasarkan video yang diterima VOI, Jumat 18 Agustus, polisi itu memanjat tiang bendera tanpa berpikir risiko ketinggian. Saat aksi itu terjadi, lantunan suara lagu Indonesia Raya masih terus dinyanyikan oleh paduan suara dari siswa sekolah.

Diketahui, anggota polisi yang memanjat tiang bendera itu adalah Kanit Intel, Bripka Suparno. Untungnya, Bripka Suparno berhasil meraih ujung tali yang terlepas tanpa ada masalah, meski tinggi tiang itu diperkirakan mencapai 10 meter lebih. Kemudian ia membawanya turun sehingga upacara bisa dilanjutkan.

Kanit Intel, Bripka Suparno bersama istri/ Foto: Dok. Polda Jateng

"Jadi waktu pengibaran bendera sudah dibentangkan kemudian ditarik oleh petugas pengibar bendera, talinya lepas. Kemudian Bripka Suparno memanjat tiang bendera untuk mengambil tali yang tertarik ke atas," ujar Kuntadi Wijanarko, dalam keterangan tertulis.

Kuntadi memperjelas, saat itu petugas pengibar bendera sudah berada di depan tiang bendera dan akan dikibarkan. Namun, lanjut Kuntadi, baru beberapa tarikan sudah lepas.

"Lepas pas ditarik. Baru awal penarikan, baru 3-4 kali tarikan, talinya lepas. Kemudian tali diikatkan kembali ke bendera, dilanjutkan pengibarannya sampai selesai. Bendera tetap naik sempurna," urai Kuntadi.