Pemimpin Partai Republik Mitch McConnell Dukung Presiden AS Joe Biden
Presiden Joe Biden (kiri) bersama Senator Mitch McConnell. (VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Di tengah hiruk-pikuk internal politik dalam negeri Amerika Serikat (AS), setelah kerusuhan Capitol Hill dan jelang sidang pemakzulan Donald Trump pada 9 Februari mendatang. 

Ada dukungan dari Partai Republik untuk Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Tidak tanggung-tanggung, dukungan diberikan oleh Pemimpin Minoritas Senat AS dari Partai Republik Mitch McConnell. 

Dukungan diberikan oleh McConnell terkait kecaman mengenai kudeta militer Myanmar terhadap Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi dan Presiden Win Myint. McConnell pun mendukung Pemerintahan Joe Biden mengambil tindakan tegas terhadap militer Myanmar.

"Pemerintahan Joe Biden harus mengambil sikap yang tegas. Seluruh mitra kami serta semua negara demokrasi di seluruh dunia, harus mengikuti dalam mengutuk serangan otoriter terhadap demokrasi," kata McConnell melansir Reuters.

"Penangkapan itu mengerikan dan menuntut tindakan dan sikap yang tegas," kata McConnell yang memiliki hubungan baik dengan Suu Kyi. Bahkan, ia juga membela saat Suu Kyi dikecam terkait pengungsi Rohingya.

McConnell pun menginginkan agar Washington perlu 'membebankan biaya' kepada mereka yang berada di balik kudet militer Myanmar pada 1 Februari kemarin.

Diketahui, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada hari Senin mengancam akan memberlakukan kembali sanksi terhadap Myanmar, menyusul kudeta yang dilakukan oleh para pemimpin militer negara itu.

Biden mengutuk pengambilalihan pemerintahan sipil oleh militer, diikuti penahanan pemimpin terpilih dan perain Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi. Menurutnya, itu merupakan serangan langsung terhadap transisi menuju negara demokrasi dan supremasi hukum.

“Amerika Serikat mencabut sanksi terhadap Burma selama dekade terakhir berdasarkan kemajuan menuju demokrasi. Pembalikan kemajuan itu akan membutuhkan peninjauan segera terhadap hukum dan otoritas sanksi kami, diikuti dengan tindakan yang sesuai," tegasnya.