Bagikan:

JAKARTA - Sebuah bom sekutu yang belum meledak dari Perang Dunia II, memaksa 13.000 orang mengungsi dari rumah mereka dalam semalam di Jerman.

Bahan peledak buatan Amerika Serikat seberat 500 kg itu ditemukan di sebuah lokasi bangunan di Dusseldorf, Jerman bagian barat.

Bom tersebut berhasil dijinakkan oleh tim penjinak bom pada Selasa dini hari, saat penduduk berlindung di gedung-gedung sekolah, seperti melansir The National News 8 Agustus.

Para petugas darurat mengamankan radius 500 meter saat mereka berusaha menjinakkan bom tersebut.

Mengutip DW, perjalanan kereta api jarak jauh terganggu akibat penemuan bom tersebut. Sementara beberapa jalur bus dan trem lokal dihentikan.

Diketahui, penemuan bom sisa Perang Dunia II bukanlah hal yang aneh di Jerman. Sebuah bom Inggris dihancurkan dalam sebuah ledakan terkendali di Hamburg di bagian utara bulan lalu.

Pada Desember 2021, sebuah bom era Perang Dunia II meledak di sebuah lokasi konstruksi di Munich, melukai empat orang. Sedangkan di tahun 2020, 13.000 orang di Frankfurt terpaksa mengungsi setelah sebuah bom Inggris berukuran serupa ditemukan.

Pasukan Sekutu yang dipimpin Amerika Serikat diketahui membombardir kota-kota dan pusat-pusat industri Jerman pada tahap akhir perang.