Pj Bupati Usulkan Kabupaten Bekasi Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Pendidikan
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat menghadiri puncak peringatan Hari Keluarga Nasional di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Senin 24 Juli. (ANTARA-Pradita K S).

Bagikan:

JABAR - Kabupaten Bekasi diusulkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pendidikan ke Dewan Ekonomi Nasional. Usul itu dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul pada sektor pendidikan.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan menyampaikan, KEK Pendidikan ini diharapkan mampu membantu perluasan tenaga kerja lokal, yang merupakan hasil dari proses pembangunan pendidikan unggul yang dibutuhkan perusahaan di kawasan industri.

"Mengingat Kabupaten Bekasi adalah salah satu daerah dengan nilai pertumbuhan ekonomi terbesar di Indonesia, tugas saya sebagai pemimpin daerah ada tiga hal, di antaranya bisa mensejahterakan masyarakat, menciptakan keadilan, serta membuat perubahan dalam menata pemerintahan daerah," katanya di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Jabar), Senin 24 Juli, disitat Antara.

Peningkatan kesejahteraan masyarakat, kata dia, dipengaruhi kualitas pendidikan, kesehatan, dan jaminan sosial lain sehingga masyarakat memiliki kemampuan hingga daya saing.

Kunci kesejahteraan lainnya, kata dia, yakni pertumbuhan ekonomi yang bisa diciptakan melalui investasi. Agar terwujud investasi maka mutlak harus ada kepastian hukum, jaminan keamanan, serta layanan infrastruktur yang optimal.

"Di sisi lain, saya melihat industri yang ada di Kabupaten Bekasi, bukan hanya sekedar tempat bekerja, namun juga sekaligus tempat belajar dan praktik langsung, karena kalau di sekolah sifatnya hanya teoritik," katanya.

Dani menilai, dengan terwujudnya KEK Pendidikan di Kabupaten Bekasi akan dapat memberikan dampak positif seperti kehadiran sekolah pendidikan berkualitas yang mampu mencetak lulusan sumber daya manusia unggulan.

"Juga para siswa bisa berpraktik langsung di kawasan industri melalui program Pemagangan," tandasnya.