Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong pemerataan kesejahteraan di Maluku Utara. Sebab, tak dipungkiri Maluku Utara miliki kekayaan yang berlimpah dan dapat dimanfaatkan.

Pernyataan itu disampaikannya saat mengahadiri Pengukuhan Pengurus Himpunan Keluarga Maluku Utara (HIKMU) 2023-2026 di Patra Kuningan, Jakarta.

"Maluku Utara yang memiliki keindahan alam dan juga tingkat kebahagian tertinggi di Indonesia untuk terus bisa mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata. Sehingga akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Maluku Utara dan peningkatan kesejahteraannya dirasakan," ucap Sandiaga, Sabtu, 22 Juli.

Untuk saat ini, Sandi menilai pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara sudah cukup baik. Karena itu, pemerintah pusat akan melakukan langkah penyempurnaan.

Tujuannya, agar kesejahteraan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Karena masih ada beberapa PR yang kami catat dan kami akan lakukan tentunya penyempurnaan-penyempurnaan dan percepatan-percepatan merata," ungkapnya.

Stunting disebut menjadi salah satu masalah yang terjadi di Maluku Utara. Namun, sudah banyak program yang memanfaatkan wisata sebagai solusinya.

"Waktu saya di Halmahera Barat itu ada satu program yang menarik, di desa wisatanya adalah memberikan paket-paket, program-program untuk mengatasi masalah stunting yang dipaketkan destinasi-destinasi wisata," bebernya.

Di sisi lain, Maluku Utara juga dikenal memiliki kekayaan alam seperti nikel. Hal itu pun bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara mensejahterakan masyarakat.

"Anugerah dari Yang Maha Kuasa ini harus kita konversi kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat, lapangan kerja untuk masyarakat maluku utara dan juga peningkatan ekonomi rumah tangga mereka," pungkas Sandi.